Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei KedaiKOPI: Elektabilitas Jokowi Di Bawah Prabowo, Unggul Di Atas Ganjar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 12 April 2021, 15:15 WIB
Survei KedaiKOPI: Elektabilitas Jokowi Di Bawah Prabowo, Unggul Di Atas Ganjar
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Nama Presiden Joko Widodo mendapatkan urutan kedua dari 18 tokoh yang memiliki elektabilitas tinggi untuk calon presiden pada Pemilu 2024.

Mantan Walikota Solo itu berada di bawah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang masih menempati posisi puncak.

Hal itu setidaknya terpotret dalam temuan terbaru dari lembaga survei KedaiKOPI (Kelompok Kajian dan Diskusi Opini Publik Indonesia) yang digelar 29 Maret-4 April 2021, tentang elektabilitas terbuka tokoh capres 2024.

"Elektabilitas terbuka, Prabowo Subianto 24,5 persen, Joko Widodo 18,5 persen," ujar Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI Kunto Adi Wibowo saat memaparkan hasil surveinya melalui daring, Senin (12/4).

Selain Prabowo dan Jokowi, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berada di posisi ketiga dengan 16,0 persen. Disusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 13,3 persen dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan 12,5 persen.

"Lalu Sandiaga Uno 6,6 persen, Tri Rismaharini 4,4 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 1,4 persen, Basuki Tjahaja Purnama 0,6 persen, Susi Pudjastuti 0,5 persen, Gatot Nurmantyo 0,2 persen, Puan Maharani 0,2 persen," kata Kunto.

Selanjutnya, dengan perolehan di bawah satu persen ada nama mantan Gubernur NTB Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, pengusaha Chairul Tanjung, politikus Nasdem Rachmat Gobel, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

"Ada juga yang tidak ingin menyebutkan sebesar 0,1 persen," tandasnya.

Survei KedaiKOPI digelar pada periodisasi 29 Maret-4 April 2021. Survei ini menggunakan metodologi telesurvei atau wawancara via telepon di 34 provinsi di Indonesia dan melibatkan 1.260 responden. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA