Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mardani: Investasi Mitigasi Bencana Mutlak Diperlukan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 13 April 2021, 08:48 WIB
Mardani: Investasi Mitigasi Bencana Mutlak Diperlukan
Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera/Net
rmol news logo Bencana yang terus melanda negeri dalam beberapa pekan terakhir harus menyadarkan publik bahwa hal tersebut harus diberlakukan sebagai isu strategis nasional. Pemerintah tidak boleh sebatas merespon bencana secara reaktif ketika melanda.

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera berharap ada sebuah lembaga yang diberikan tugas merespon, memikirkan sampai memitigasi bencana.

“Kita punya BNPB yang kewenangan dan payung hukum harus diperkuat, anggaran sampai sumber daya juga perlu terjamin ketersediannya,” tegasnya, Selasa (13/4).

Menurutnya, investasi teknologi serta SDM di aspek penanganan bencana mutlak diperlukan. BMKG yang mendeteksi secara dini kemungkinan bencana hidrologi harus dibekali sistem dan peralatan hidrologi yang mumpuni.

“Kemudian deteksi tersebut dihubungkan ke institusi terkait baik pusat/daerah yang memiliki kemampuan merespons secara cepat,” tegas Mardani.

Anggota Komisi II DPR ini mengatakan bahwa serangkaian bencana mestinya sudah menyadarkan negeri ini bahwa sistem mitigasi yang tangguh amat diperlukan.

“Lemahnya sistem mitigasi kerap membuat pemda kehilangan kontrol setelah terjadi bencana,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA