Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Penerus Megawati, Puan Dinilai Lebih Maju Selangkah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Rabu, 14 April 2021, 04:24 WIB
Soal Penerus Megawati, Puan Dinilai Lebih Maju Selangkah
Puan Maharani/Net
rmol news logo Pernyataan Ketua DPC PDIP Surakarta bahwa dirinya mendukung Mohammad Prananda Prabowo (Nanan), putra kedua Megawati, untuk menjadi suksesor ibunya dalam Kongres PDIP mendatang, mendapat tanggapan dari sejumlah pengamat.

Dosen komunikasi politik Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai bahwa munculnya faksi Nanan dan faksi Puan yang sama-sama kuat di tubuh PDIP dapat mengakibatkan deadlock. Dalam situasi demikian, kata Hendri, elit partai bisa saja mengusulkan nama Mohammad Rizky Pratama (Tatam), putra pertama Megawati, agar diberi kesempatan mengambil alih tampuk kepemimpinan partai.

Berbeda dengan Rudy maupun Hendri, pengamat politik UMRAH (Universitas Maritim Raja Ali Haji) Tanjungpinang Robby Patria menilai bahwa dari tiga anak biologis Megawati, Puan Maharani merupakan figur yang paling layak diunggulkan untuk menjadi Ketua Umum PDIP berikutnya.

“Puan selangkah di depan kakak-kakaknya. Nanan dan Tatam jarang muncul ke publik dan lebih banyak main di belakang layar. Itu salah satu tanda bahwa Puan adalah sosok yang memang dipersiapkan Ibu Mega sebagai penerusnya,” ujarnya.

Dilihat dari pengalaman pemerintahan dan politik, Puan memang paling lengkap. Ia saat ini menduduki jabatan Ketua DPR. Sebelumnya, ia sempat menjadi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Dari segi kepartaian, Puan juga dinilai telah banyak makan asam garam sebagai pengurus DPP PDIP selama beberapa periode.

“Mbak Puan memiliki modal paling lengkap untuk memimpin partai. Jabatan beliau sebagai Ketua DPR itu semacam tongkat estafet untuk dibawa menuju kursi Ketum PDIP,” jelas Robby. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA