Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Prediksi IPR: Bambang Brodjonegoro Jadi Kepala IKN, Nadiem Diganti Tokoh Muhammadiyah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 14 April 2021, 10:51 WIB
Prediksi IPR: Bambang Brodjonegoro Jadi Kepala IKN, Nadiem Diganti Tokoh Muhammadiyah
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim/Net
rmol news logo Rencana reshuffle kabinet semakin menguat setelah rencana peleburan Kemenristek ke Kemendikbud menjadi Kemendikbud-Ristek dan pembentukan Kementerian Investasi menemui titik terang.

Menanggapi isu perombakan tersebut, pertama-tama Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin memprediksi masa depan Menristek Bambang Brodjonegoro. Dia yakin Bambang Brodjonegoro akan digeser menjadi Kepala Otoritas Ibu Kota Negara (IKN).

Keyakinan itu didasari latar belakang Bambang yang turut merancang IKN saat menjabat Menteri Bappenas.

"Bambang Brojo sudah pasti tergeser, dia juga sudah pamit. Sepertinya dia akan jadi Kepala Otoritas Ibu Kota Negara. Karena dia yang awal merancang IKN ketika dia jadi Menteri Bappenas," kata Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu, Rabu (14/4).

Selanjutnya, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia ini memprediksi nama-nama yang akan terhempas dari kabinet.

Dia menilai Mendikbud Nadiem Makarim menjadi nama yang sangat layak untuk dicopot dan diganti. Ujang berharap Nadiem diganti oleh tokoh ormas Islam Muhammadiyah yang selama ini konsen dalam dunia pendidikan.

"Nadiem layak untuk dikocok ulang. Cari menteri yang ahli urus pendidikan. Banyak dari kalangan Muhammadiyah," kata Ujang Komarudin.

Adapun, IPR mencatat masih banyak menteri yang sebetulnya sangat layak untuk direshuffle karena kinerjanya buruk. Namun, para pembantu Presiden itu agaknya masih tetap dipertahankan demi kepentingan politik pemerintahan Jokowi.

"Soal nama-nama Menteri yang lain banyak yang layak direshuffle. Tapi tak akan direshuffle. Seperti Menteri UMKM, Menteri Tenaga Kerja, Menteri Desa, Mendag, Menkeu, dll. Tapi walaupun kinerjanya jelek, tetap mereka aman," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA