Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertemukan Kementerian Dan Pemkot Surabaya, LaNyalla: Alhamdulillah Satu Langkah Lagi Surat Ijo Tuntas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 15 April 2021, 16:37 WIB
Pertemukan Kementerian Dan Pemkot Surabaya, LaNyalla: Alhamdulillah Satu Langkah Lagi Surat Ijo Tuntas
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti pimpin rapat koordinasi terkait penyelesaian Tanah Surat Ijo Kota Surabaya/Ist
rmol news logo Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menggelar rapat koordinasi terkait penyelesaian Tanah Surat Ijo Kota Surabaya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam Rapat Koordinasi Surat Ijo Surabaya dengan Kementerian ATR /BPN, Kementerian Dalam Negeri, dan Wakil Walikota Surabaya, Armuji, Kamis (15/4), LaNyalla dengan tegas meminta negara hadir dan menyelesaikan masalah ini.

"Sudah saatnya negara hadir untuk menyelesaikan konflik Tanah Surat Ijo di Surabaya dengan semangat Pancasila dan UUD 1945, serta UU Pokok Agraria, demi tercapainya implementasi Perpres 26/2018 tentang Reformasi Agraria," ujar LaNyalla membuka Rakor.

Dia pun mendorong rapat itu menghadirkan solusi, sekaligus memberikan jawaban untuk 46 ribu lebih warga Kota Surabaya yang menyebar di 23 kecamatan yang menghuni Tanah Surat Ijo.

"Alhamdulillah tadi semua pihak secara prinsip sudah setuju, Tanah Surat Ijo akan dilepas. Kementerian ATR/BPN dan Kemendagri sudah setuju. Pemkot Surabaya juga sudah setuju. Tinggal satu langkah lagi," tandas LaNyalla, usai rakor di Ruang Delegasi Pimpinan DPD.

Satu langkah lagi yang dimaksud LaNyalla adalah pihaknya akan bersurat kepada Presiden Joko Widodo, untuk mengusulkan agar Presiden menggelar Rapat Terbatas dengan melibatkan Kementerian ATR/BPN, Kemnedagri, Kejaksaan Agung dan KPK dalam menyepakati payung hukum pelepasan, sekaligus sertifikasi Tanah Surat IJo.

"Karena prinsipnya dalam rakor tadi semua pihak sudah sepakat melepas. Termasuk Pemerintah Kota Surabaya. Jadi nanti saya juga minta Presiden Jokowi yang secara simbolis menyerahkan sertifikat kepada warga Surabaya," tambahnya.

Penyelesaian masalah ini, menurut LaNyalla, bukan hal mustahil. Karena, di daerah lain, status tanah serupa bisa terselesaikan. Yakni melalui program sertifikat hak milik atau SHM massal, yang merupakan program Presiden Jokowi melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional.  

Sepakat dengan hal tersebut, Wakil Walikota Surabaya Armuji yang hadir menjelaskan bahwa sejak Oktober 2020 pemerintah kota sudah menyerahkan semua berkas-berkas terkait Tanah Ijo Surabaya kepada Kementerian ATR/BPN.

"Kami apresiasi inisiasi Ketua DPD RI yang menaruh perhatian kepada masyarakat Surabaya, intinya kami sudah siap menyelesaikan dan menyerahkan kepada negara untuk mengeluarkan dan menyelesaikan administrasi hukumya, sehingga sertifikat bisa segera diterbitkan," kata Armuji.

Tanah Surat Ijo adalah tanah yang diakui sebagai aset milik Pemerintah Kota Surabaya yang dialihfungsikan menjadi lahan bangunan atau rumah warga atau untuk lahan usaha atau fasilitas lain. Warga atau pengguna lahan tersebut harus membayar retribusi sekaligus pajak bumi bangunan kepada Pemerintah Kota Surabaya.

Turut Hadir dalam pertemuan itu, senator DPD RI yang juga Ketua Komite I Fachrul Razi, Wakil Ketua Komite II Bustami Zainudin, juga Wakil Ketua BAP Asyera Respati A. Wundalero. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA