Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Audiensi Dengan Musisi, Menko Airlangga Pastikan Cari Jalan Terbaik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 15 April 2021, 18:34 WIB
Audiensi Dengan Musisi, Menko Airlangga Pastikan Cari Jalan Terbaik
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto audiensi dengan musisi/Ist
rmol news logo Upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional terus dilakukan pemerintah dengan berbagai cara.

Kali ini, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyerap aspirasi dalam audiensi dengan para musisi Indonesia. Audiensi ini menjadi tindak lanjut setelah sebelumnya Kemenko Perekonomian juga beraudiensi dengan pelaku industri kreatif seperti animasi, komik dan insan perfilman beberapa waktu yang lalu.

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pada dasarnya pemerintah tidak menutup ruang kepada pelaku industri kreatif. Terlebih dalam PPKM Mikro terakhir, kegiatan seni budaya sudah diizinkan beroperasi hingga 25 persen dengan protokol kesehatan.

"Pada dasarnya pemerintah terbuka, yang penting tetap menerapkan protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE),” jelas Menko Airlangga dalam keterangan persnya, Kamis (15/4).

Dalam audiensi yang digelar Rabu (14/4), para promotor musik dan musisi menilai konser virtual yang belakangan sudah dilakukan belum bisa menggantikan konser yang dihadiri penonton secara langsung.
 
Dalam kesempatan tersebut, Ketua Federasi Serikat Musisi Indonesia, Chandra Darusman beserta seniman memberikan usulan konstruktif yang diharapkan dapat memulihkan industri musik Indonesia.

Beberapa usulan itu terkait sinergi pemerintah pusat dan daerah untuk melibatkan para musisi dalam projek-projek pemerintah yang sedang dikerjakan atau pemberian stimulus berupa bantuan langsung terhadap projek yang dilakukan.  
 
Selain itu, para penggerak industri musik tersebut tetap berharap agar pemerintah berupaya menghadirkan konser secara langsung dengan tetap menerapkan ketentuan CHSE dan bantuan berupa alat screening (Swab Test Antigen atau Genose) yang bisa digunakan untuk membantu berlangsungnya pertunjukan.

Mereka berharap, upaya tersebut diharapkan dapat menciptakan snowball effect dan citra kuat kembali hidupnya industri musik dan pertunjukan.

Di akhir audiensi, Airlangga pada dasarnya menerima usulan para pegiat musik. Pemerintah akan membicarakan lebih lanjut antara tim teknis dari pemerintah dan para pelaku industri musik.
 
“Terima kasih saya ucapkan kepada para musisi dan promotor musik. Saya sangat mengapresiasi, mengingat musik adalah hal yang begitu dekat dengan masyarakat. Tentu kita juga akan carikan jalan yang terbaik untuk industri ini,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA