Farah.ID
Farah.ID

Akan Masuk Kabinet Indonesia Maju, PAN: Kami Masih Menunggu Dan Fokus Konsolidasi

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 16 April 2021, 14:07 WIB
Akan Masuk Kabinet Indonesia Maju, PAN: Kami Masih Menunggu Dan Fokus Konsolidasi
Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay/Net
Partai Amanat Nasional (PAN) dikabarkan akan masuk Kabinet Indonesia Maju dan mendapatkan tawaran dari Presiden Joko Widodo terkait rencana reshuffle kabinet.

Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay menjawab kabar yang beredar tersebut. Menurutnya, PAN hingga saat ini masih dalam posisi menunggu tawaran dalam hal diajak masuk kabinet.

"Sampai sejauh ini kami masih sampai pada posisi menunggu," kata Saleh kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (16/4).

Saleh menuturkan, pihaknya justru mendapatkan informasi terkait PAN akan masuk kabinet itu dari pemberitaan media dan statement para pengamat politik tanah air.

Namun demikian, lanjut Saleh, kabar PAN diajak gabung kabinet tetap diapresiasi dan tidak akan mengganggu konsolidasi internal yang tengah dilakukan partai matahari putih.

"Justru kami sekarang sedang disibukkan untuk melakukan konsolidasi organisasi PAN, dari tingkat pusat, wilayah, daerah, kemudian cabang dan ranting di seluruh Indonesia. Karena itu juga pekerjaan yang sangat berat dan juga tentu membutuhkan waktu dan energi serta perhatian yang cukup besar," tandasnya.

Partai Amanat Nasional (PAN) dikabarkan akan masuk Kabinet Indonesia Maju pada reshuffle jilid II pada periode kedua Presiden Jokowi kali ini.

Beberapa pengamat politik memprediksi PAN mendapatkan jatah koalisi dan mengisi slot Kementerian Pertanian atau Kementerian Desa.

"Saya haqqul yakin PAN akan masuk. Karena memang ya resminya masuk dalam koalisi itu adalah masuk dalam kabinet," kata Direktur Eksekutif Indobarometer M Qodari dalam acara Dua Sisi dengan tema "Drama Reshuffle" yang disiarkan salah satu televisi swasta nasional pada Kamis malam (15/4).

ARTIKEL LAINNYA