Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Selain Kangkangi Peternak Lokal, Beli Peternakan Di Belgia Juga Rawan Pencucian Uang

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 20 April 2021, 12:32 WIB
Selain Kangkangi Peternak Lokal, Beli Peternakan Di Belgia Juga Rawan Pencucian Uang
Pakar politik dan hukum dari Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam/Net
Erick Thohir akan dianggap gagal sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) jika jadi membeli peternakan sapi di Belgia. Sebab, Erick gagal membinca perusahaan dalam negeri yang bergerak di bidang peternakan.

Begitu kata pakar politik dan hukum dari Universitas Nasional Jakarta, Saiful Anam saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (20/4)

"Erick bisa dinilai gagal sebagai Menteri BUMN karena tidak dapat membina PT Berdikari (Persero), yang unit usahanya bergerak di bidang peternakan,” tuturnya.

Saiful merasa heran dengan langkah Erick tersebut. Seharusnya, Kementerian BUMN cukup memperkuat PT Berdikari untuk memberdayakan peternak lokal.

“Jadi untuk apalagi berencana beli peternakan sapi di Belgia, selain mengangkangi peternak-peternak lokal kita, juga sangat rentan akan pencucian uang. Apa jangan-jangan Erick memang ingin mematikan BUMN bangsa sendiri,” tanyanya.

Saiful berharap kepada aparat penegak hukum untuk mengawasi dengan seksama terhadap kemungkinan rencana pembelian peternakan sapi di Belgia. Jangan sampai jadi bancakan bagi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Bisa jadi ada unsur memperkaya diri sendiri maupun korporasi dengan melakukan transaksi di luar negeri. Di dalam negeri saja rentan terjadi korupsi, apalagi di luar negeri," pungkas Saiful. [

ARTIKEL LAINNYA