Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menteri Jalur Profesional Siap-siap Kena Reshuffle, Begini Analisa Ujang Komarudin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 20 April 2021, 15:13 WIB
Menteri Jalur Profesional Siap-siap Kena Reshuffle, Begini Analisa Ujang Komarudin
Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin/Repro
rmol news logo Menteri Kabinet Indonesia Maju yang berlatarbelakang profesional alias non parpol dinilai paling rawan terkena reshuffle kabinet jilid II di periode kedua Presiden Joko Widodo.

Pasalnya, reshuffle kali ini diyakini akan tidak jauh berbeda dengan reshuffle jilid I pada Desember 2020 lalu bahwa Menteri asal parpol selalu aman.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin saat menjadi narasumber dalam diskusi daring Obrolan Bareng Bang Ruslan bertajuk "Reshuffle Kabinet dan Koalisi 2024" pada Selasa (20/4).

"Jadi, Menteri dari kalangan professional yang kinerjanya kurang memuaskan, ya siap siap saja direshuffle," kata Ujang Komarudin.

Dosen Ilmu Politik Universitas Al-Azhar Indonesia ini mengungkapkan, fakta pada reshuffle kabinet jilid I lalu, sejumlah menteri berlatarbelakang parpol yang direshuffle hanya individunya semata.

Namun demikian, jatah untuk partainya tetap ada, alias hanya tukar orang saja.

"Kader partai yang jadi menteri tidak akan direshuffle. Kalaupun direshuffle pasti diganti oleh kader parpol yang lain," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA