Pembangunan MRT Fase 2A Segera Dimulai, Anies Berterima Kasih Kepada Jokowi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Ist

Proses pembangunan infrastruktur di ibukota tak sepenuhnya berada di bawah tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tetap ada peran dan dukungan dari pemerintah pusat agar program yang dirancang bisa berjalan sesuai rencana.

Hal ini disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat menyaksikan penandatanganan kontrak kerja sama antara PT MRT Jakarta dengan Sumitomo Mitsui Construction Company - Hutama Karya Joint Operation (SMCC-HK JO) di Taman Fatahillah, Taman Sari, Jakarta Barat, Selasa (20/4).

Pemprov DKI Jakarta memang berkolaborasi dengan pihak swasta untuk melanjutkan pembangunan jalur MRT Fase 2A (CP203) sepanjang 6,3 kilometer (Bundaran HI-Kota).

"Hari ini kita menyiapkan jalur konektivitas yang akan mewarnai Jakarta di masa yang akan datang. Dibangunnya jalur MRT sampai tempat ini dilakukan dalam rangka untuk menghidupkan kembali kawasan Kota Tua," kata Anies saat memberikan sambutannya (20/4).

Anies juga mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak yang terlibat dalam pembangunan MRT fase 2A ini. Termasuk Presiden Joko Widodo.

"Dukungan dari pemerintah pusat melalui arahan bapak Presiden, telah membuat begitu banyak program yang dilakukan di Jakarta bisa dituntaskan dengan baik," papar Anies, dikutip Kantor Berita RMOLJakarta.

Lebih jauh, Anies menuturkan, MRT memiliki peran penting tidak hanya menyambungkan mobilisasi penduduk dan memudahkan kegiatan perekonomian. Namun juga dapat menjadi alat untuk menumbuhkan budaya, kebiasaan, serta kedisiplinan baru terutama saat ini semua pihak sedang mulai bangkit dari pandemi Covid-19.

"Ini adalah pendongkrak optimisme kita semua agar Jakarta bisa setara kedudukannya dengan kota-kota besar di dunia," tutup Anies.

Paket kontrak CP203 merupakan bagian dari pembangunan Fase 2A MRT Jakarta dari Bundaran HI hingga Kota. Sementara secara keseluruhan, proyek pembangunan fase 2 MRT ini memiliki total panjang lintasan sekitar 12,3 kilometer, dari Bundaran HI hingga Ancol Barat.

Kontrak perjanjian bersama SMCC-HK JO ini akan mengerjakan dua stasiun bawah tanah yaitu Stasiun Glodok dan Stasiun Kota, serta terowongan bawah tanah mulai dari Mangga Besar sampai Kota Tua, sepanjang 1,4 km.

Total kontrak kerjasama ini bernilai sekitar Rp 4,6 triliun dengan masa konstruksi selama 72 bulan (September 2021-Agustus 2027).

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, Silvia Halim, dan Satoshi Tanimoto yang juga disaksikan langsung oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji, Chief Representative JKA Indonesia Ogawa Shinegori, dan Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

Farah ZoomTalk Spesial Ramadhan • Salam sehat, bahagia penuh kegembiraan

Rabu, 05 Mei 2021
Video

Indonesia Bangkit Pembangunan Ekonomi

Kamis, 06 Mei 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Tragedi Nanggala, Lalu Apa?

Kamis, 06 Mei 2021

Artikel Lainnya

Pekerja Dari Luar Kota Wajib Miliki Surat Tugas Saat Masuk Jakarta
Politik

Pekerja Dari Luar Kota Wajib..

07 Mei 2021 18:06
Lieus Sungkharisma: Sidang HRS Bukan Masalah Hukum Tapi Politik, Jokowi Harus Turun Tangan
Politik

Lieus Sungkharisma: Sidang H..

07 Mei 2021 17:47
Fadli Zon: Omnibus Law Gagal Sejahterahkan Buruh
Politik

Fadli Zon: Omnibus Law Gagal..

07 Mei 2021 17:41
Busyro Muqoddas Ungkap Ada Upaya Mutilasi KPK Yang Sempat Kandas Di Era SBY
Politik

Busyro Muqoddas Ungkap Ada U..

07 Mei 2021 17:25
Bantah Isu Taliban Di KPK, Busyro Muqoddas: 8 Dari 75 Pegawai Tak Lolos TWK Beragama Kristiani Dan Buddha
Politik

Bantah Isu Taliban Di KPK, B..

07 Mei 2021 17:16
Bambang Soesatyo: Punya Pasar Besar, Kemenhub Dan IMI Sedang Bahas Legalitas Kendaraan Kustom
Politik

Bambang Soesatyo: Punya Pasa..

07 Mei 2021 17:15
Revisi UU Otsus Papua Terus Dibahas DPR, Gerindra: Semoga Jadi Solusi
Politik

Revisi UU Otsus Papua Terus ..

07 Mei 2021 16:59
Busyro Muqoddas: Nilai Kebangsaan Terus Digerus Mesin Korupsi Menggunakan Imperium Buzzer
Politik

Busyro Muqoddas: Nilai Keban..

07 Mei 2021 16:49