Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Nadiem Makarim: Kamus Sejarah Indonesia Disusun Sebelum Saya Menjabat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 21 April 2021, 16:17 WIB
Nadiem Makarim: Kamus Sejarah Indonesia Disusun Sebelum Saya Menjabat
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim/Net
rmol news logo Kamus Sejarah Indonesia sudah disusun disusun pada 2017 atau sebelum Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

"Terkait dengan isu kamus sejarah yang tengah hangat dibahas, kamus sejarah tersebut disusun tahun 2017 sebelum saya menjabat," ujar Nadiem Makarim dalam video yang diunggah di Intagram miliknya, Rabu (21/4)

"Karenanya di bulan yang suci ini, alangkah baiknya kita menyikapi permasalahan dengan akal sehat, kepala dingin, dengan solusi," imbuhnya.

Namun begitu, Nadiem tetap mengambil langkah terkait kontroversi kamus sejarah meskipun disusun bukan di masa kepemimpinannya. Dia pun meminta kamus sejarah itu diperbaiki.

"Begitu saya mendengar isu ini, walaupun terjadi sebelum saya menjabat, maka saya Mendikbud langkah konkret, menugaskan Dirjen Kebudayaan untuk segera menyelesaikan permasalahan dan melakukan koreksi," ungkapnya.

Nadiem memerintahkan tim Kemendikbud melakukan penyempurnaan kamus sejarah. Penyusunannya juga harus cermat dan melibatkan banyak pihak.

"Saya memohon restu agar kamus sejarah yang belum pernah dimiliki negara ini dapat kita lanjut sempurnakan bersama agar bermanfaat untuk semua," pungkasnya.

Belakangan, Kamus Sejarah Indonesia menjadi pembahasan setelah beredar luas. Kamus itu menjadi kontroversi karena pendiri Nahdlatul Ulama Hasyim Asyari tidak masuk dalam tokoh yang dibahas pada buku itu.

Usai ramai diperdebatkan, nyatanya kamus sejarah itu belum pernah diterbitkan Kemendikbud alisa bersifat belum resmi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA