Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polemik Vaksin Nusantara, Melki Laka Lena: Komunikasi Peneliti Dan BPOM Enggak Jalan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 22 April 2021, 06:01 WIB
Polemik Vaksin Nusantara, Melki Laka Lena: Komunikasi Peneliti Dan BPOM Enggak Jalan
Wakil Ketua Komisi IX Fraksi Golkar, Melki Laka Lena/Ist
rmol news logo Polemik vaksin Nusantara yang saat ini masih menjadi perdebatan terjadi karena buruknya komunikasi antara peneliti dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Seperti diketahui, vaksin Nusantara hingga kini belum mendapat izin untuk uji klinis tahap II dari BPOM. Namun belakangan BPOM telah menjalin nota kesepahaman dengan Kemenkes dan TNI perihal nasib vaksin Nusantara.

"Persoalannya adalah komunikasinya enggak jalan antara Badan POM dan peneliti. Kalau soal data tinggal dibaca kok," kata Wakil Ketua Komisi IX Fraksi Golkar, Melki Laka Lena dalam acara Mata Najwa, Rabu malam (21/4).

Selain itu, Melki juga menyayangkan minimnya pihak terkait yang mendebatkan vaksin Nusantara tidak mengamati langsung fakta di lapangan.

"Saya berkali-kali bilang gini, kalau bisa kita mengamati langsung di lapangan. Saya ikuti itu di RS Kariadi dan Komisi IX, angka-angka itu kita perdebatkan dengan sangat baik," sambungnya.

Oleh karenanya, untuk menentukan nasib vaksin Nusantara agar tak berhenti di tengah jalan, ia menyarankan agar data-data peneltian dipublikasi kepada dunia.

"Saya mendorong kepada peneliti, kalau boleh mereka kan selam tiga bulan sudah ada data, bila perlu dikirim ke jurnal internasional biar ini clear semua," tutup politisi Golkar ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA