Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi IX Minta Pemerintah Isolasi 127 WN India Di Satu Pulau

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 23 April 2021, 12:59 WIB
Komisi IX Minta Pemerintah Isolasi 127 WN India Di Satu Pulau
Wakil Ketua Komisi IX DPR Melkiades Laka Lena/RMOL
rmol news logo Komisi IX DPR mendesak pemerintah untuk mengisolasi 127 Warga Negara Asing (WNA) asal India yang masuk ke Indonesia, di sebuah pulau tersendiri. Versi yang lain menyebutkan 135 orang.

Isolasi di sebuah pulau guna menghindari lonjakan kasus di India yang mencapai 300 ribu per hari.

"Sebaiknya isolasi di pulau tersendiri, lebih baik buat mereka dan buat petugas kita sehingga setelah melewati masa karantina dua sampai tiga minggu dan dinyatakan sehat baru aktivitas normal di Tanah Air," ujar Wakil Ketua Komisi IX DPR Melkiades Laka Lena, Jumat (23/4).

WNA asal India itu masuk ke Indonesia pada pada Rabu (21/4) pukul 19.30 WIB dengan pesawat QZ9BB ex MMA. Mereka mendarat di Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, di Tangerang, Banten.

"Seperti tenaga kerja Indonesia di kapal asing diisolasi di Kepulauan Seribu, atau dulu di Natuna," imbuhnya.

Melki mengatakan, untuk mengantisipasi kejadian serupa agar tidak terulang, pihak Imigrasi diminta untuk memperketat izin masuk WNA asal India ke Indonesia.

Selain itu, kerja sama pihak lain seperti Kementerian Kesehatan dan Satgas Penanganan Covid-19 juga sangat diperlukan untuk mencegah penyebaran virus corona dari warga asing.

"Terkait kedatangan WN India perlu antisipasi dan respon serius Kemenlu, Dirjen imigrasi dan KKP Kemenkes dan Satgas Penanganan Covid-19 untuk mencegah penyebaran pandemi dari WN India," pungkas politisi Partai Golkar itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA