Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kabinda Papua Dan 53 Awak Nanggala 402 Gugur, DPR Singgung Peremajaan Alutsista

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 25 April 2021, 22:30 WIB
Kabinda Papua Dan 53 Awak Nanggala 402 Gugur, DPR Singgung Peremajaan Alutsista
Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari/Ist
rmol news logo Duka mendalam datang bergelombang dari jajaran prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Hari ini, Tanah Air diselimuti kabar duka dengan gugurnya Kepala Badan Intelejen Negara Daerah Papua (Kabinda) Brigjen TNI, I Gusti Putu Danny Nugraha Karya yang ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

Belum reda duka Tanah Air, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto kembali mengumumkan gugurnya 53 prajurit yang menjadi awak kapal KRI Nanggala 402.

"Ini jelas duka mendalam untuk keluarga besar BIN dan TNI serta seluruh rakyat Indonesia, saya berharap keluarga besar diberikan kesabaran dan ketabahan," kata Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Abdul Kharis Almasyhari, Minggu (25/4).
 
Untuk di Papua, anggota DPR Fraksi PKS ini memberi dukungan penuh langkah tegas dan terukur oleh Polri, TNI, dan BIN untuk tetap teguh menjaga NKRI dari rongrongan separatisme di Papua.
 
Sejauh ini, ia menilai TNI, Polri, dan BIN telah mengambil tindakan profesional. Ia pun berharap dunia internasional agar dapat melihat secara proporsional masalah di Papua sebagai upaya penegakan hukum.

“NKRI dan seluruh Tanah Air dari ujung timur sampai barat adalah wilayah kedaulatan yang wajib dihormati semua negara. Jangan sampai ada intervensi Internasional dalam masalah dalam penegakan hukum di Indonesia,” terang Kharis.
 
Kharis juga mendukung penuh terhadap anggaran pertahanan dalam pemeliharaan dan perawatan (harwat) serta peremajaan alutsista yang harus sesuai dengan perencanaan sehingga alutsista berfungsi dengan baik.
 
"Kami di Komisi I akan mendukung penuh upaya bersama semua mitra terkait perbaikan alutsista kedepan dan berharap semua prajurit yang gugur agar dinaikkan pangkatnya sebagai penghormatan negara," tutup Kharis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA