Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Faktor PAN Bakal Masuk Kabinet Membuat Reshuffle Belum Terjadi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 26 April 2021, 13:04 WIB
Pengamat: Faktor PAN Bakal Masuk Kabinet Membuat Reshuffle Belum Terjadi
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan/Net
rmol news logo Rencana reshuffle kabinet jilid II di periode kedua Presiden Joko Widodo yang dikabarkan dilakukan pekan ini, tak kunjung menunjukkan tanda-tanda yang pasti.

Meskipun, ada dua kementerian yang dilebur yakni Kemendikbud dengan Kemenristek menjadi Kemendikbud-Ristek. Selain itu, juga dibentuk Kementerian Investasi atas persetujuan DPR RI.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin menilai bahwa masih ada faktor tarik ulur antar parpol koalisi pemerintah.

Tarik ulur ini, kata Ujang, seiring dengan kabar Partai Amanat Nasional (PAN) bakal masuk ke kabinet Indonesia Maju. Tarik menarik kepentingan tersebut membuat Presiden Jokowi bingung dan hingga kini belum menghendaki reshuffle kabinet.

"Mungkin salah satunya faktor akan masuknya PAN dalam koalisi. Ini kan akan mendapat resistensi dari partai-partai koalisi Jokowi," kata Ujang kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (26/4).

"Atau juga tarik menarik figur menteri siapa yang akan diganti dan siapa penggantinya," imbuhnya menegaskan.

Menurut Ujang, Jokowi terlalu lama mengumumkan reshuffle kabinet padahal nomenklatur kementerian yang dilebur dan rencana pembentukan Kementerian Investasi mestinya segera digarap.

"Terlalu lama mengumumkan menterinya. Isu reshuffle mengganggu kinerja menteri-menteri. Sedang ada tarik menarik kepentingan," katanya.

"Mestinya, ketika nomenklatur telah disetujui DPR, Jokowi harus segera eksekusi reshuffle. Agar tak jadi bola liar dan agar para menteri bisa ikut motto dia kerja kerja kerja," demikian dosen ilmu politik Universitas Al-Azhar Indonesia itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA