Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Maruf Amin Blak-blakan, Indeks Demokrasi Indonesia Ternyata Di Bawah Timor Leste

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 26 April 2021, 19:42 WIB
Maruf Amin Blak-blakan, Indeks Demokrasi Indonesia Ternyata Di Bawah Timor Leste
Wakil Presiden Republik Indonesia, Maruf Amin/Net
Indeks demorkasi Indonesia diungkapkan lebih rendah dari negara tetangga, mulai dari Timor Leste, Malaysia, dan Filipina.

Hal itu disampaikan Wakil Presiden RI, Maruf Amin yang merujuk pada laporan The Economist Intelligence Unit.

"Dengan lima indikator, yaitu proses pemilu dan pluralisme, fungsi dan kinerja pemerintah, partisipasi politik, budaya politik, serta kebebasan sipil. Tahun 2019 dan 2020 Indonesia menduduki peringkat ke-64 dunia dengan skor 6,3. Indonesia di lingkungan Asia Tenggara di peringkat empat di bawah Malaysia, Timor Leste, dan Filipina," kata Maruf dalam HUT Otonomi Daerah 2021 yang disiarkan kanal YouTube Kemendagri, Senin (26/4).

Merujuk data tersebut, Maruf Amin meminta kepala daerah memberi perhatian lebih pada kebijakan-kebijakan yang diambil, khususnya dalam menjalankan roda perekonomia.

Rendahnya posisi Indonesia dibanding negara tetangga juga terjadi dalam laporan Human Development Index (HDI) rilisan program pembangunan PBB (UNDP).

Berdasarkan indikator harapan hidup, pendidikan, dan perekonomian kata Maruf, Indonesia menempati peringkat 107 tahun 2020 dengan skor 71,8 atau tumbuh sekitar 0,03% dibanding tahun sebelumnya.

"Posisi Indonesia masih di bawah Malaysia dan Thailand," katanya.

Oleh sebab itu, Maruf Amin yakin dengan adanya otonomi daerah, kepala daerah dimnta memperhatikan data-data yang dipaparkannya itu guna meningkatkan pemerintahan.

"Penyelenggaraan urusan pemerintahan konkuren atau kewenangan yang dibagi pusat dan daerah, khususnya sektor ekonomi kewenangan daerah memegang kunci penting mendorong peningkatan kuantitas dan kualitas layanan pemerintahan," tandasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA