Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Reshuffle, Jokowi Disarankan Pilih Yang Loyal Dan Punya Chemistry

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 26 April 2021, 22:27 WIB
Reshuffle, Jokowi Disarankan Pilih Yang Loyal Dan Punya Chemistry
Presiden Joko Widodo melantik enam menteri, lima wakil menteri dan dua kepala badan di Istana Negara, Rabu 23 Desember 2020/RMOL
rmol news logo Jika kocok ulang alias reshuffle kabinet dilakukan, maka seharusnya orang-orang yang akan dimasukan ke dalam kabinet haruslah berlatarbelakang profesional jangan dari partai politik, dan yang tak kalah lebih penting ialah memiliki chemistry.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Demikian pandangan Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN) Adib Miftahul kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (26/4).

"Selain profesional, Jokowi harus masukan orang-orang yang tahu sejarahpunya history dengan Jokowi, loyal dan punya chamistry dengan Jokowi," kata Adib.

Adib memberikan contoh, saat Jokowi memilih Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri dimana salah satu pertimbangannya ialah kedekatan dan chemistry.

"Apalagi saat pandemi seperti ini bener-bener orang yang sudah punya chemistry, dengan begitu alur intruksi, jalur koordinasi itu akan semakin mudah," tandas Adib.

Adib berpendapat Budi Karya Sumadi layak diplot untuk segera menduduki pos Kementrian BUMN, pasalnya Menteri Perhubungan itu dianggap loyal dan memiliki sejarah panjang dengan Presiden Joko Widodo.

"Mulai Dirut Jakpro, Angkasa Pura 2, hingga Menhub. Budi Karya Sumadi jadi ujung tombak bersama Basuki Hadi Mulyono di PUPR, garda terdepan soal pembangunan," ungkap Adib.

Lalu menurut Adib, Erick Thohir juga bisa dipertimbangkan digeser sebagai Menteri Investasi.

"Kenapa investasi? Saya kira networking Erick Thohir sebagai pengusaha yang bukan hanya nasional tetapi internasional ini penting apalagi Jokowi selama ini kan Bagaimana mengharapkan investasi yang banyak ke datang ke Indonesia," pungkas Adib.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA