Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perundingan Di Partai Koalisi Belum Selesai, Salah Satu Alasan Jokowi Tunda Rombak Kabinet

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Selasa, 27 April 2021, 12:21 WIB
Perundingan Di Partai Koalisi Belum Selesai, Salah Satu Alasan Jokowi Tunda Rombak Kabinet
Presiden Jokowi/Net
rmol news logo Paska wacan perombakan kabinet ramai diperbincangkan hingga hari ini Presiden Joko Widodo belum merealisasikan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pengamat politik Wempy Hadir menganalisa ada tiga faktor mengapa sampai saat ini Jokowi belum merombak kabinetnya meski kerap memanggil beberapa orang yang disinyalir jadi menteri baru ke Istana Negara.

Pertama, dijelaskan Wempy, bisa saja perundingan di tingkat partai koalisi belum selesai. Mengingat, bongka pasang kabinet bukanlah perkara mudah.

"Atau ada juga juga yang tarik ulur reshuffle dari kader partai. Nggak mau direshuffle dengan kader lain walaupun masih dalam satu parpol," demikian kata Wempy kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (27/4).

Faktor kedua, boleh jadi Jokowi masih menunggu hari baik untuk merombak kabinetnya. Pengamatan Wempy, Jokowi kerap mempertimbangkan unsur magis dalam memutuskan merombak kabinetnya.

"Misalnya soal hari dan tanggal. Dia sangat sangat mempertimbangkan hal tersebut selalin pertimbangan politik. Kalau mendengar rumor mungkin saja resuffle akan dilakukan pada 5 Mei 2021," demikian ulasan Wempy.

Alasan ketiga diungkapkan Wempy, Jokowi sepertinya sedang menunda perombakan karena Indonesia belakangan tengah mengalami musibah. Baik penangana  virus corona baru (Covid-19) dan terbaru tenggelamnya KRI Nanggala-402.

"Energi Pak Jokowi masih berkonesntrasi menangani bencana yang sedang terjadi. Dengan demikian menurut saya reshuffle akan dilakukan pada awal Mei 2021," demikian kata Wempy. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA