Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kalah Di PSU, Ibnu-Arifin Nyatakan Menangi Pilkada Banjarmasin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 29 April 2021, 12:49 WIB
Kalah Di PSU, Ibnu-Arifin Nyatakan Menangi Pilkada Banjarmasin
Pasangan calon nomor urut 2 Pilwali Banjarmasin, H Ibnu Sina-H Arifin Noor/Net
RMOL. Proses pemungutan suara ulang (PSU) dalam Pilkada Kota Banjarmasin 2020 memunculkan hasil yang tidak diduga.

Dalam PSU yang berlangsung di 3 kelurahan pada Rabu kemarin (28/4), pasangan calon nomor urut 2, H Ibnu Sina-H Arifin Noor, kalah dari rival mereka paslon nomor urut 4, Hj Ananda-H Mushaffa Zakir (AnandaMu).

Dari 80 TPS di 3 kelurahan yakni di Mantuil, Murung Raya, dan Basirih Selatan, AnandaMu mendulang 11.837 suara sedangkan paslon petahana Ibnu-Arifin mengantongi 5.018 suara.

Disusul oleh paslon nomor urut 3, Khairul Saleh-Habib Ali, dengan total 574 suara, dan terakhir paslon nomor urut 1, Haris Makkie-Ilham Nor dengan torehan 412 suara.

Meski kalah dalam PSU di 3 kelurahan, Tim Pemenangan Ibnu-Arifin mengklaim tetap meraih suara terbanyak dalam Pilkada Kota Banjarmasin 2020.

"Memang kita kalah pada PSU, tapi secara total perolehan suara Pilkada Kota Banjarmasin 2020 kita tetap paling unggul," ujar Ketua Tim Pemenangan Ibnu-Arifin, Bambang Yanto Purnomo, Rabu (28/4).

Pasalnya, sebelum PSU, Ibnu-Arifin sudah mengumpulkan 15 ribu suara resmi, yang merupakan perolehan tertinggi dari peserta Pilkada Kota Banjarmasin 2020.

Sehingga, lanjut Bambang, kekalahan dalam PSU di 3 kelurahan ini tidak signifikan untuk mengubah hasil perolehan suara Ibnu-Arifin secara total.

Bahkan pihaknya tetap mengapresiasi konsistennya dukungan masyarakat terhadap pasangan Ibnu-Arifin yang tidak berubah signifikan di tiga kelurahan yang di PSU tersebut.

"Kita tidak terkejut kalah di PSU ini, sebab kita ketahui pergerakan lawan sangat masif, tapi kita bersyukur jumlah pemilih untuk Paslon kita tidak banyak berubah," ujarnya.

Dari hasil perhitungan sementara yang didapat tim Ibnu-Arifin dengan tambahan PSU di 3 kelurahan, Ibnu-Arifin meraih 89.404 suara atau 37,96 persen, sementara AnandaMu meraih 81.359 suara atau 34,54 persen.

Sementara itu, Haris-Ilham mengumpulkan 34.860 suara atau 14,80 persen. Sedangkan Khairu-Habib Muhammad sebanyak 29.917 suara atau 12,70 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA