Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua MPR Warning Pemerintah Jangan Melulu Ekspor, Tapi Juga Pastikan Ketersediaan Pangan Dalam Negeri Jelang Lebaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Jumat, 30 April 2021, 03:13 WIB
Ketua MPR Warning Pemerintah Jangan Melulu Ekspor, Tapi Juga Pastikan Ketersediaan Pangan Dalam Negeri Jelang Lebaran
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo/Net
rmol news logo Ketersediaan pangan di dalam negeri menjadi satu hal yang disoroti Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Sosok yang kerap disapa Bamsoet ini menilai stok pangan di masa pandemi Covid-19 tidak boleh terlupakan, di saat pemerintah tengah menggenjot pertumbuhan ekonomi melalui ekspor komoditas.

"Dikarenakan walaupun kondisi perekonomian saat ini yang membutuhkan banyak pemasukan, namun tetap harus mempunyai strategi ketika melakukan ekspor agar tetap ada kesesuaian kata Bamsoet lewat keterangan persnya, Kamis (29/4).

Namun begitu, mantan Ketua DPR RI ini mendukung upaya pemerintah menggenjot pertumbuhan ekspor pelaku usaha di dalam negeri. Dia pun melihat, kondisi Covid-19 yang sudah mulai membaik disejumlah negara dan termasuk Indonesia, merupakan momentum positif melakukan hal tersebut.

"Di samping membaiknya ekonomi global, pemerintah dapat memanfaatkan peluang membaiknya kondisi Covid-19 untuk meningkatkan kinerja ekspor,” tuturnya.

Untuk mendukung ekspor, Politisi Partai Golkar ini juga menyarankan pemerintah meningkatkan hasil komoditas yang mengalami kenaikan harga, dan juga mengalami peningkatan jumlah permintaan ekspor.

"Agar dapat memaksimalkan komoditas-komoditas tersebut di sektor perdagangan, yakni ekspor, untuk pemulihan ekonomi negara melalui bursa berjangka,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Bamsoet meminta pemerintah menjalin hubungan dagang yang baik dengan negara-negara yang berpotensi besar dalam permintaan ekspor dari produk atau komoditas di Indonesia.

Serta, memikirkan strategi jangka panjang agar ekspor tetap berjalan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA