Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Amien Rais Punya PR Jika Partai Ummat Tidak Ingin Punya Nasib Sama Seperti Partai Baru Di Pemilu 2019

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 30 April 2021, 03:59 WIB
Amien Rais Punya PR Jika Partai Ummat Tidak Ingin Punya Nasib Sama Seperti Partai Baru Di Pemilu 2019
Pendiri Partai Ummat, Amien Rais, saat mendeklarasikan Partai Ummat secara virtual, Kamis, 29 April/Repro
rmol news logo Partai Ummat yang baru saja dideklarasikan oleh pendirinya yang dikenal sebagai tokoh Reformasi, Amien Rais, memiliki PR yang harus diselesaikan jika ingin sukses di pemilu 2024.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro berpendapat, Partai Ummat memiliki potensi yang cukup besar untuk menggaet ceruk pemilih umat Islam.

Namun begitu, ada hal yang perlu diingat Amien Rais sebagai pendirinya. Yaitu, mendirikan partai baru dan bisa melenggang ke Senayan tidak lah mudah.

Dia memaparkan sejumlah pengalaman yang terjadi oleh partai-partai baru yang lahir menjalang dan langsung mengikuti Pemilu Serentak 2019 yang lalu.

"Kalau melihat partai-partai baru yang mengikuti pemilu tahun 2019 ternyata tidak ada satu pun dari mereka yang bisa masuk atau lolos di DPR RI. Mungkin DPRD (provinsi) atau kabupaten/kota iya, dan itu kecil," ujar Siti Zuhro kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (30/4).

Maka dari itu, dosen magister Ilmu Komunikasi Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) ini tidak melihat penerimaan masyarakat untuk hendak memilih karena label partai barunya saja.

"Tapi adalah partai yang berkualitas, partai yang bisa menjadi betul-betul tumpuan mereka. Kan ini yang menunjukan bahwa sebetulnya tidak mudah mendirikan partai," ucap Siti Zuhro.

"Apalagi infrastruktur politiknya itu tidak dibangun sejak awal, baru pemula. Kita lihat bagaimana nasibnya PSI, Partai Bulan Bintang, Partai Berkarya dan beberapa partai lain," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA