Farah.ID
Farah.ID

Walikota Gibran Terima Sumbangan Ratusan Tanaman Pot Untuk Penghijauan

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 30 April 2021, 13:56 WIB
Walikota Gibran Terima Sumbangan Ratusan Tanaman Pot Untuk Penghijauan
Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka/RMOLJateng
Bantuan berupa ratusan tanaman pot diterima Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka untuk penghijauan Bundaran Gladag sampai Tugu Pemandengan atau depan Balaikota.

Bantuan tersebut merupakan bagian dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI).

Penanaman tanaman pot secara simbolis dilakukan Gibran didampingi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo dan Immediate Pas District Governor D3420, Febri Dipokusumo, Deputy District Governor Danarsih Santosa, Assistant Governor Area Region 4 Martha Kristiana dan beberapa pengurus Rotary lainnya, Jumat (30/4).

"PSBI ini merupakan suatu bentuk kepedulian Bank Indonesia Solo di bidang lingkungan hidup, sejalan dengan salah satu fokus Rotary Club Solo dalam program 'Hijau Soloku, Asri Kotaku'," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo Nugroho Joko Prastowo diberitakan Kantor Berita RMOLJateng.

Penanaman tanaman pot direncanakan selesai sebelum lebaran atau pada 6 Mei 2021. Penghijauan ini merupakan salah satu bentuk dukungan penuh Bank Indonesia Solo untuk membantu mengurangi polusi udara di titik ramai lalu lintas Kota Surakarta.

"Kegiatan ini juga membantu membangun branding serta memberi pesan dan citra Kota Surakarta yang baik sebagai kota yang asri dan ramah lingkungan di depan para wisatawan, sebagaimana titik penanaman yang berada," ujar Febri Dipokusumo dari Rotary.

Febri menuturkan, pot dan tanaman akan diserahkan secara bertahap untuk mengganti water barrier yang saat ini digunakan sebagai pembatas jalan.  

Sebelumnya, Rotary Clubs Solo Area juga telah memberikan bantuan berupa pot dan tanaman yang sudah diletakkan di Jalan Adi Sucipto di sepanjang Stadion Manahan dan di Jalan Dr Moewardi di sepanjang Lapangan Kota Barat.

Koordinator Project President Retno Dewi Suci berharap, dengan semakin banyaknya tanaman dan program penghijauan di Kota Solo dapat menjadikan masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan dan masyarakat semakin menyadari pentingnya lahan hijau yang harus dihidupkan dan dijaga bersama.  

Walikota Surakarta Gibran Rakabuming menyambut positif dukungan masyarakat untuk kemajuan kota Surakarta.

"Ruang hijau kota Solo masih sangat kurang, rencananya nanti sepanjang Citywalk akan kita hijaukan. Bukan lagi untuk tempat parkir," ungkap Gibran yang mengaku banyak belajar mengenai ruang terbuka hijau kota dari mantan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA