Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menparekraf Sandiaga Optimis Desa Wisata Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pasca Pandemi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 01 Mei 2021, 13:30 WIB
Menparekraf Sandiaga Optimis Desa Wisata Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pasca Pandemi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat meluncurkan Anugerah Desa Wisata 2021/Net
rmol news logo Desa wisata juga diharapkan mampu menjadi salah satu penopang kebangkitan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat meluncurkan Anugerah Desa Wisata 2021, Jumat (30/4).

Desa wisata menjadi salah satu program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk memulihkan pariwisata di tengah pandemi Covid-19.

Melalui program ini, Sandiaga ingin menjadikan desa wisata Indonesia sebagai destinasi wisata berkelas dunia dan berdaya asing.

"Yang mampu mendorong pembangunan daerah, kesejahteraan masyarakat, serta sebagai ajang promosi potensi desa wisata kepada wisatawan domestik maupun mancanegara," kata Sandiaga.

Anugerah desa wisata Indonesia bertajuk "Indonesia Bangkit" ini merupakan penganugerahan desa wisata terbesar di Indonesia.

Dalam proses pengembangan desa wisata ini, Sandiaga menargetkan terbentuknya lebih dari 500 desa wisata dari 75.000 desa di seluruh Indonesia.

"Tema ini diharapkan dapat mendorong semua pelaku wisata dan industri kreatif untuk dapat menjadikan desa wisata mampu berkembang dalam menopang perekonomian bangsa Indonesia menjadi kuat, dan bangkit kembali dari dampak COVID-19 yang dirasakan secara dampak ekonominya, maupun dampak sosial, dan kesejahteraan masyarakat desa," ujar Sandiaga.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini menambahkan, Anugerah Desa Wisata 2021 ini diperuntukkan bagi semua masyarakat desa dan pelaku ekonomi kreatif yang berkembang dalam pengembangan desa wisata.

Bagi masyarakat atau pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang ingin tergabung ke dalam jaringan desa wisata resmi di Indonesia, dapat mendaftarkan diri melalui situs resmi jaringan desa wisata Jadesta.com. Peserta dapat melakukan pendaftaran mulai 7 Mei hingga 26 Juni 2021.

"Seluruh desa wisata yang terdaftar dalam Anugerah Desa Wisata 2021 nantinya akan masuk ke dalam jaringan desa wisata Indonesia atau Jadesta. Desa-desa tersebut juga akan dipromosikan kepada wisatawan domestik maupun mancanegara," demikian Sandiaga.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA