Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

LSPSSI: Walau Usia Sudah Tua, Terpenting Alutsista Dirawat Dan Dipelihara

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 03 Mei 2021, 16:18 WIB
LSPSSI: Walau Usia Sudah Tua, Terpenting Alutsista Dirawat Dan Dipelihara
Direktur Eksekutif Lembaga Studi Pertahanan dan Studi Strategis Indonesia (LSPSSI) Beni Sukadis/RMOL
Pasca insiden tenggelamnya KRI Nanggala-402 di perairan Bali beberapa pekan lalu, alat utama sistem senjata (Alutsista) Tentara Nasional Indonesia menjadi sorotan masyarakat dalam dan luar negeri.

Berbagai spekulasi muncul terkait tenggelamnya kapal selam buatan Jerman yang sudah berusia 42 tahun itu.

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Studi Pertahanan dan Studi Strategis Indonesia (LSPSSI) Beni Sukadis, hal yang terpenting dalam pengguna alustista adalah melakukan perawatan dan pemeliharaan yang rutin.

Terlebih, usia sejumlah alutsista yang dimiliki Indonesia memang sudah cukup lama.

"Yang penting adalah bagaimana selama ini adalah perawatan dan pemeliharaan dari alutsista selama ini. Tentunya itu yang harus disorot sebenarnya," kata Beni saat menjadi narasumber dalam diskusi daring RMOL World View bertajuk 'Menata Alustista Indonesia' pada Senin (3/5).

Beni mengatakan, pihaknya mendapatkan kabar bahwa DPR RI dalam waktu dekat telah mengagendakan audit alutsista yang ada di Indonesia pasca insiden tenggelamnya KRI Nanggala-402.

"DPR RI akan melakukan audit alutsista kita, seberapa banyak alutsista yang lama, dan juga bagaimana upaya atau mekanisme perawatan dan pemeliharaan alutsista yang lama ini," tuturnya.

"Karen kita ketahui bahwa hampir sekitar lebih dari 60 persen itu memang lama. Jadi memeng ini yang jadi persoalan," imbuhnya menegaskan.

Atas dasar itu, Beni menyatakan bahwa selama perawatan dan pemeliharaan terhadap alutsista ini berjalan konsisten terus menerus, ia yakin kondisi alutsista pun akan membaik meskipun sudah berumur tua.  

"Saya pikir mungkin dari sisi usia bukan jadi persoalan yang utama. Tapi memang ada resiko-resiko juga alutsista yang lama, kita juga harus perhatikan," tandasnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA