Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kampanye Digital Perkawinan Anak Marak Terjadi, Christina Aryani: Harus Dilawan!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 03 Mei 2021, 20:01 WIB
Kampanye Digital Perkawinan Anak Marak Terjadi, Christina Aryani: Harus Dilawan<i>!</i>
Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Christina Aryani/Net
rmol news logo Perkawinan usia anak sangat berbahaya bagi masa depan anak-anak Indonesia dan oleh sebab itu harus dicegah.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sejurus dengan itu, seluruh lapisan masyarakat diharapkan untuk bersama-sama melakukan gerakan melawan maraknya kampanye digital perkawinan anak saat ini.

Merujuk data baik dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) maupun Peradilan Agama, banyak ditemukan fakta salah satu faktor tingginya pengajuan permohonan dispensasi perkawinan anak adalah akibat terpapar kampanye digital perkawinan anak dan terjerumus pada pergaulan yang salah di internet.

Demikian disampaikan anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Christina Aryani dalam keterangannya di Jakarta, Senin (3/5).

"Ini tentu harus menjadi perhatian kita bersama dan saya sendiri menaruh perhatian besar pada isu ini serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama melawan ini sehingga perkawinan anak bisa kita cegah,” kata Christina.

Dijelaskan Christina, fenomena perkawinan anak di Indonesia tidak bisa dianggap persoalan biasa dan karena itu menuntut partisipasi dari sebanyak mungkin unsur masyarakat untuk terlibat dalam upaya bersama melakukan pencegahan.

“Jadi bukan hanya pemerintah tetapi semua pihak di dalam masyarakat perlu diajak terlibat, baik tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, serta figur-figur publik untuk memberikan edukasi yang cukup pada orang tua dan pada anak sendiri akan bahaya perkawinan anak, dalam hal ini di bawah usia 19 tahun jika merujuk pada ketentuan UU," tuturnya.

"Ini harus jadi kampanye kita bersama,” imbuhnya menegaskan.

Berdasarkan data, lanjut legislator DKI Jakarta II ini, terdapat 1,2 juta perempuan yang melakukan perkawinan anak di Indonesia dan angka ini menempatkan Indonesia pada peringkat 8 di dunia terkait angka absolut perkawinan anak.

Di antara yang mencolok angkanya adalah Sulawesi Barat dengan prevalensi tertinggi sebesar 19,43 persen dan Jawa Barat dengan angka absolut tertinggi yang diperkirakan mencapai 273.300 perkawinan anak.

"Sementara di DKI Jakarta sendiri angka perkawinan anak juga masih tinggi walaupun ada di bawah 15 persen," tutur politikus muda Partai Golkar ini.  

"Mencermati angka-angka ini kita sudah bisa membayangkan akan seperti apa dampak dan implikasinya nanti, baik masalah kesehatan fisik maupun mental anak, pupusnya masa depan yang lebih baik, termasuk juga dampak ekonomi dan implikasi sosial yang ditimbulkannya. Ini jelas menjadi keprihatinan kita bersama,” sambungnya.

Dari sisi legislasi, masih kata Christina, Indonesia sudah memiliki UU existing yaitu UU 16/2019 tentang Perubahan UU 1/1974 tentang Perkawinan yang menegaskan batas minimal usia perkawinan yaitu 19 tahun.

Namun diakui Christina, adanya UU ini pun belum menjamin menurunnya perkawinan anak, belum lama ini kita menemukan kampanye digital yang mengampanyekan perkawinan anak.

"Ini sangat berbahaya, sehingga perlu ada kesadaran bersama dari kita semua untuk melawan kampanye-kampanye seperti ini,” tegasnya.

Lebih lanjut, Christina menegaskan bahwa mencegah perkawinan anak adalah upaya terbaik untuk menyelamatkan masa depan generasi bangsa.

"Sehingga tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan konstitusi kita tidak jauh panggang dari api," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA