Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selain Larangan Mudik, MPR Minta Pemerintah Antisipasi Kerumunan Di Lokasi Wisata

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Rabu, 05 Mei 2021, 02:53 WIB
Selain Larangan Mudik, MPR Minta Pemerintah Antisipasi Kerumunan Di Lokasi Wisata
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat/Net
rmol news logo Paska kebijakan larangan mudik Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat meminta kewaspadaan di lokasi wisata harus ditingkatkan. Tujuannya, untuk mengantisipasi peningkatan penyebaran Covid-19 di setiap wilayah.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Bila kebijakan pelarangan mudik berhasil, tentu yang harus menjadi perhatian berikutnya adalah pergerakan orang di setiap wilayah dan lokasi-lokasi wisata agar tidak terjadi kerumunan di area publik," kata Lestari Moerdijat, Selasa (4/5).

Pihak kepolisian, lewat telegram Kapolri bernomor STR/336/IV/PAM.3.2./2021 tertanggal 30 April 2021, memerintahkan agar aparat kepolisian mengawasi protokol kesehatan di tempat-tempat wisata selama libur Lebaran, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Menurut politisi yang karib disapa Rerie itu, langkah antisipatif yang dilakukan kepolisian dan para pemangku kepentingan lainnya harus didukung demi menekan angka penularan dan penyebaran virus korona di tanah air.

Apalagi, jelas Rerie, para pemangku kepentingan masih membuka pengecualian aktivitas bepergian di wilayah tertentu selama periode larangan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021.

Wilayah tersebut antara lain di  Jabodetabek, Bandung Raya, Medan Raya, Semarang Raya, Yogyakarta Raya, Solo Raya, Surabaya Raya, dan Makassar Raya.

Di wilayah-wilayah tersebut, ujar Rerie, masih dibuka opsi pergerakan orang atau dikenal dengan istilah 'mudik lokal'.

Kondisi tersebut, tambahnya, harus menjadi perhatian dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Langkah-langkah antisipatif di setiap wilayah, menurut anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, harus diperhatikan dengan serius.

Ia menambahkan, jangan sampaipusat-pusat perbelanjaan yang biasa ramai dikunjungi orang menjelang Lebaran misalnya, tidak diantisipasi dengan baik.

Rerie berharap, lokasi-lokasi yang biasa dikunjungi masyarakat di masa libur Lebaran melakukan antisipasi agar penerapan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, bisa dilakukan dengan maksimal.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA