Farah.ID
Farah.ID

Survei LP3ES, AHY Satu-satunya Tokoh Non Pejabat Publik Dengan Elektabilitas Tertinggi

LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Kamis, 06 Mei 2021, 03:48 WIB
Survei LP3ES, AHY Satu-satunya Tokoh Non Pejabat Publik Dengan Elektabilitas Tertinggi
Ketum Partai Demokrat, AHY masuk 5 besar Capres potensial/Net
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) adalah satu-satunya tokoh politik non pejabat publik yang masuk lima besar sosok dengen elektebilitas tertinggi.

Peneliti LP3ES Erwan Halil mengatakan, dalam survei yang dilakukan pihaknya periode 8-15 April, AHY mendapatkan perolehan 8,8 persen.

Beberapa nama lain yang diatas AHY adalah Prabowo Subianto (16,4 persen), Anies Baswedan (12,8 persen) dan Gubernyr Jateng Ganjar Pranowo (9,6 persen).

"Elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mencapai 8,8 persen, menjadikan AHY satu-satunya tokoh non pejabat publik yang masuk dalam lima besar tokoh nasional dengan elektabilitas tertinggi," demikian kata Erwan, Rabu (5/5).

Dari hasil survei LP3ES, Erwan mengungkapkan alasan responden memilih sosok tersebut. Diantaranya: faktor berani berada pada urutan pertama (9,7 persen), diikuti oleh pengalaman (9,3 persen), merakyat (7,9 persen), cerdas dan memberi solusi (7,5 persen) serta berwibawa (6,1 persen).

Survei Lembaga Pendidikan, Penelitian, Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) pada periode 8-15 April di 34 provinsi, dengan 1.200 responden dan margin of error 2,8 persen.

ARTIKEL LAINNYA