Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kangkangi Gerindra Dan Golkar, Demokrat: Hasil Naik Kelas Usai Diterpa Prahara Moeldoko

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 06 Mei 2021, 09:02 WIB
Kangkangi Gerindra Dan Golkar, Demokrat: Hasil Naik Kelas Usai Diterpa Prahara Moeldoko
Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani/Net
rmol news logo Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat menyambut baik hasil survei Lembaga Pendidikan, Penelitian, Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) terkait preferensi politik 2024 bahwa Partai Demokrat mengalami kenaikan elektabilitas yang signifikan.

Demokrat melejit di posisi kedua atau tepat dibelakang PDI Perjuangan dan berhasil mengangkangi Partai Gerindra dan Golkar merupakan capaian yang baik.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan bahwa kenaikan elektabilitas ini merupakan hasil dari ujian kenaikan kelas Partai Demokrat yang diterpa prahara pada medio Januari sampai awal April lalu.

Menurutnya, Gerakan Pengambilalihan Kepemimpinan Partai Demokrat (GPK PD) yang dipimpin Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko beberapa bulan terakhir bisa diatasi oleh Partai Demokrat secara cemerlang dengan hasil yang gemilang.

Hal itu sejalan dengan hasil survei LP3ES tentang isu sosial politik yang menguasai pemberitaan dan paling menarik perhatian publik dalam 3 bulan terakhir (Februari-April) adalah konflik Partai Demokrat sebesar 26,7 persen melampaui isu vaksinasi dan penanganan Covid-19 yang hanya sebesar 7,6 persen.

"Keberhasilan Partai Demokrat melewati terpaan badai ini menunjukkan kualitas kepemimpinan Mas Ketum AHY sebagai nakhoda yang handal," kata dia kepada wartawan, Kamis (6/5).

Sekurang-kurangnya ada empat hal yang menjadi kunci sukses yang menunjukkan bobot kepemimpinan Ketum AHY. Pertama adalah kecepatan dalam merespon persoalan dan mengambil keputusan. Kedua, ketepatan menerapkan strategi dengan mengajak publik dan kelompok strategis (civil society), termasuk media massa untuk melakukan kontrol demokrasi atas kekuasaan.

Ketiga, keberanian, dimana yang dihadapi adalah KSP Moeldoko purnawirawan Jenderal yang berada di lingkaran kekuasaan. Sementara yang terakhir adalah kemampuan Ketum AHY dalam membangun dan menjaga soliditas kader.

"Ini menjadi capaian dan modal penting bagi Partai Demokrat untuk semakin optimis menatap dan menuju 2024," tuturnya.

"Bang Andi Arief selaku Kepala Bappilu DPP Partai Demokrat berpesan kepada kader Partai Demokrat agar tidak terlena dan mengajak seluruh kader untuk bekerja keras, dan terus menjaga kekompakan dan soliditas. Mudah-mudahan Partai Demokrat bisa menerobos 2 besar atau minimal 3 besar," demikian Kamhar Lakumani. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA