Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polri Ungkap Cara Turunkan Karhutla 81 Persen Dalam Setahun

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 06 Mei 2021, 21:13 WIB
Polri Ungkap Cara Turunkan Karhutla 81 Persen Dalam Setahun
Petugas tengah memadamkan api di sebuah lahan/Net
rmol news logo Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengungkapkan cara penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang telah dilakukan sehingga mampu menurunkan 81 persen kasusnya dalam satu tahun.

"Sepanjang tahun 2020 karhutla titik api hanya 2.875, sementara tahun 2019 titik api 27.758, turun 81 persen," kata Argo kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (6/5).

Adapun strategi penanggulanganya ialah dikedepankan pencegahan dan aksi dini dengan cara membangun geo spatial analitic center (GASC), membangun menara pantau, meningkatkan patroli, edukasi dan sosialisasi.

"Juga melakukan penataan pengelolaan ekosistem gambut, dengan pengendalian hidrologi, bersama pemerintah bangun kanal, membangun embung," pungkas Argo.

Untuk pengendalian titik-titik api, papar Argo, disiapkan brigade pengendalian karhutla melalui posko terpadu. Dan yang tak kalah penting ialah penegakan hukum yang tegas terhadap mereka para pelaku Karhutla dengan membentuk Satgas, melakukan asistensi dan suvervisi sehingga penegakan hukumnya terpadu.

"Serta pembinaan masyarakat agar berkesadaran hukum dan mengeluarkan maklumat bersama dengan KLH (Kementrian Lingkungan Hidup)," demikian Argo.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA