Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Melalui Webinar Nasional, Badan Wakaf Himpun Dana Wakaf Hingga Rp 8,6 Miliar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 07 Mei 2021, 13:44 WIB
Melalui Webinar Nasional, Badan Wakaf Himpun Dana Wakaf Hingga Rp 8,6 Miliar
Wakil Presiden RI sekaligus Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat MES, Maruf Amin/Ist
rmol news logo Badan Wakaf Indonesia berhasil menghimpun dana wakaf dalam sebuah sesi webinar nasional wakaf produktif bertema 'Era Baru Perwakafan melalui Transformasi Digital dan Penguatan Ekosistem', Jumat (7/5).

Bekerja sama dengan Bank Indonesia, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), dan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Badan Wakaf Indonesia berhasil menghimpun dana hingga Rp 8 miliar lebih.

Ketua Badan Pelaksana Badan Wakaf Indonesia, Mohammad Nuh menjelaskan bahwa aktifitas wakaf di Indonesia telah memasuki era baru.

"Ini ditandai tumbuhnya kesadaran kolektif lintas struktural, pemanfataan teknologi digital di sektor filatropi yang kian masif, dan kesadaran pengelolaan wakaf yang profesional berbasis good waqf governance," jelasnya.

Masih dalam webinar tersebut, Wakil Presiden Maruf Amin yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina Pengurus Pusat MES menyampaikan, upaya pengembangan perwakafan sebagai bagian dari fokus pengembangan dana sosial syariah di tanah air saat ini terus bergulir dan menunjukkan progres yang semakin baik.

Namun masih ada beberapa tantangan yang perlu dihadapi, di antaranya membangun kepercayaan publik, meningkatkan kapasitas dan kompetensi nazhir, literasi dan edukasi perwakafan, serta harmonisasi kelembagaan dan peraturan perundang-undangan.

Untuk itu, Ma’ruf Amin menekankan pentingnya pengembangan Good Waqf Governance, di antaranya melalui implementasi Waqf Core Principles yang mencakup transparansi, akuntabilitas, dan pengawasan, pengembangan e-service, serta mengupayakan maximum impact bagi Mauquf ‘Alaih.

Rangkaian pembukaan acara dilengkapi dengan sesi Walk the Talk, di mana para peserta dapat melakukan praktik berwakaf secara langsung melalui tiga program wakaf, yaitu Cash Waqaf Link Sukuk ritel seri SWROO2, program wakaf Investasi akhirat Bank Indonesia, serta  program wakaf melalui berkahwakaf.id untuk pembangunan RS Mata di Indonesia.

Ketiga program wakaf tersebut dihimpun dari perserta dengan cara pemindaian Quick Response Indonesian Standard (QRIS) Code yang ditampilkan melalui layar. Adapun jumlah dana wakaf yang terhimpun hingga sesi ini berakhir mencapai Rp 625.322.000.

Sesi berikutnya adalah webinar dan diskusi yang diisi oleh para narasumber pakar di bidang wakaf, di antaranya Oni Sahroni dari Dewan Syariah Nasional MUI, Imam Teguh Saptono dari Badan Wakaf Indonesia, Bobby P. Manulang dari Forum Wakaf Produktif, dan Murniati Mukhlisin dari ISEI.

Total realisasi dana wakaf yang terhimpun hingga akhir acara mencapai Rp 8.692.001.532. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA