Farah.ID
Farah.ID

Di Sekolah Insan Cendekia Madani, LaNyalla Sampaikan 4 Prioritas Kerja DPD RI

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Jumat, 07 Mei 2021, 21:54 WIB
Di Sekolah Insan Cendekia Madani, LaNyalla Sampaikan 4 Prioritas Kerja DPD RI
Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti/Ist
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menyampaikan prioritas kerja DPD RI sebagai wakil daerah.

Senator asal Jawa Timur itu menjelaskan, sejak tahun 2020 lalu, seluruh senator di DPD RI sepakat menggunakan tagline 'Dari Daerah Untuk Indonesia'.

"Dengan tagline itu, DPD RI akan terus memperjuangkan aspirasi dari daerah. Dan untuk mewujudkan itu, DPD RI harus punya nyali dan terus menyala," kata LaNyalla di Sekolah Insan Cendekia Madani, Jumat (7/5).

Sebagai bentuk keseriusan membangun daerah, DPD RI memiliki empat prioritas dalam bekerja. Pertama, DPD RI berkomitmen untuk memajukan sektor pertanian dan mewujudkan kedaulatan pangan.

Hal itu penting karena Indonesia adalah negara dengan potensi sumber daya alam yang besar. Oleh karena itu, wajib hukumnya membangun sektor pertanian yang modern dan tangguh sebagai tulang punggung perekonomian dan meningkatkan produksi nasional, sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani.

Prioritas kedua adalah membangun negara maritim yang kuat dan maju. Ketua Dewan Kehormatan Kadin Jawa Timur itu menjelaskan, Indonesia adalah salah satu negara kepulauan dengan wilayah laut terluas dan garis pantai terpanjang di dunia.

"Sudah jelas bahwa logikanya, sektor kemaritiman Indonesia harus menjadi potensi besar yang dimiliki Indonesia untuk mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur. Karena itu, dalam Prolegnas tahun ini, DPD RI mengajukan Rancangan Undang-Undang inisiatif DPD RI tentang Pemerintahan Daerah Kepulauan," jelasnya.

Sedangkan prioritas Ketiga DPD RI adalah membangun ketahanan energi, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup. Menurutnya, seluruh sumber daya alam yang dimiliki Indonesia harus dikelola untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia secara adil dan merata.

"Prioritas terakhir DPD RI adalah membangun dari daerah. Artinya, program pembangunan dan pemberdayaan ekonomi daerah harus didukung dengan percepatan, perluasan, dan pemerataan pembangunan infrastruktur di seluruh daerah dengan memberikan perhatian dan penekanan khusus kepada kawasan timur dan barat Indonesia," tuturnya.

Alumnus Universitas Brawijaya Malang itu menjelaskan, wajah Indonesia adalah wajah 34 provinsi, bukan wajah pulau jawa saja.

"Desa juga menjadi wajah Indonesia. Oleh karena itu, kita ingin pembangunan desa terus dilakukan," tutupnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA