Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dipenjara Tujuh Bulan, Jumhur Hidayat: Kayak Liburan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 07 Mei 2021, 22:03 WIB
Dipenjara Tujuh Bulan, Jumhur Hidayat: Kayak Liburan
Jumhur Hidayat di tengah aktivis yang menyambutnya di Kopi Politik/RMOL
rmol news logo Presidium dan inisiator Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Jumhur Hidayat resmi menghirup udara bebas setelah mendekam di Rutan Bareskrim Polri selama tujuh bulan atas dakwaan ujaran kebencian hingga menimbulkan keonaran.

Jumhur mengaku tidak asing lagi dengan jeruji besi dan lantai dingin penjara lantaran 30 tahun yang lalu dirinya juga pernah dijebloskan ke penjara karena melawan rezim Soeharto dan mendekam selama tiga tahun lamanya.

"Saya jujur ya. Saya kan pernah divonis 3 tahun tuh, 32 tahun yang lalu. Waktu kuliah di ITB dulu kan. Itu kan 3 tahun. Jadi pas keluar baru berasa tuh. Kalau kemarin, (dipenjara tujuh bulan) jujur aja kayak liburan aja gitu. Kalau ditanya kebatinan jadi ga kaget gitu," kata Jumhur saat ditemui Kantor Berita Politik RMOL, di Kopi Politik, Jalan Pakubuwono, Jumat malam (7/5).

Menurut Jumhur, meskipun berbeda tahun mendekam, saat ini ia diperlakukan lebih ketat. Keluar masuk sel, tanganya selalu diborgol. Kendati ia memaklumi bahwa hal tersebut merupakan prosedur tetap (protap) yang dijalankan aparat penegak hukum.

"Zaman dulu sih, waktu dulu nggak ya. Tapi pernah juga diborgol, waktu gua dikirim ke Nusakambangan diborgol juga tuh," tandas Jumhur.

Jumhur berharap, vonis yang akan diterimanya tidak menjadikannya kembali mendekam di sel tahanan.

"mudah-mudahan vonisnya ga masuk lagi," harap Jumhur.

Baru saja Jumhur Hidayat bebas setelah penangguhan penahananya dikabulkan. Aktivis senior itu langsung  disambut puluhan aktivis di Kopi Politik.

Dari pantauan Kantor Berita Politik RMOL, Jumhur disambut suka cita para aktivis yang memang sengaja berkumpul setelah mengadakan agenda buka puasa bersama.

Aktivis senior itu terlihat sumringah, wajahnya tak henti-hentinya melempar senyum, sambil sibuk meladeni foto selfi para aktivis yang menyambut kedatanganya. Jumhur mangatakan, ia sehat dan saat ini ingin menghabiskan waktu bersama keluarga.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA