Farah.ID
Farah.ID

Sandiaga Uno Dukung Rencana Penerbitan Paspor Vaksin Untuk Pariwisata

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 08 Mei 2021, 11:26 WIB
Sandiaga Uno Dukung Rencana Penerbitan Paspor Vaksin Untuk Pariwisata
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno/Net
Kelompok 20 negara ekonomi terkuat di dunia atau G-20 setuju untuk mendukung rencana penerbitan paspor vaksin dalam upaya untuk menarik industri perjalanan dan pariwisata dari kemerosotan yang dipicu pandemi Covid-19.

Hal itu diputuskan dalam pertemuan virtual, Selasa (4/5), yang merupakan forum pertama G-20 di bawah kepemimpinan Italia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno pun menyambut baik inisiatif dari kepemimpinan Italia terkait paspor vaksin.

Dokumen itu nantinya akan menunjukkan bahwa pemegangnya telah divaksinasi penuh, memiliki kekebalan untuk pemulihan, atau baru-baru ini dinyatakan negatif.

"Saya menyambut baik dan siap mendukung inisiatif presidensi Italia untuk menyampaikan panduan kebijakan G-20 untuk pariwisata yang tangguh dan inklusif sebagai salah satu prioritas utama di tahun ini," kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Sabtu (7/5).

Sebagai negara yang tergabung dengan G-20, dikatakan Sandiaga, Indonesia telah siap menyongsong kebangkitan pariwisata dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Bahkan sejak tahun 2020 Indonesia memperkenalkan pendekatan holistik protokol keselamatan. Pendekatan tersebut mengedepankan aspek kebersihan, kesehatan, keselamatan kerja, dan keberlanjutan lingkungan yaitu sertifikasi CHSE," jelasnya.

"Pemanfaatan teknologi juga harus jadi bagian dari pemulihan, di mana sektor pariwisata dan kreatif dapat memperloleh manfaat dari penetrasi digital yang luas," pungkas Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu.

ARTIKEL LAINNYA