Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menakar Peluang Batutulis II, Jalan Prabowo-Puan Belum Tentu Mulus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 08 Mei 2021, 14:12 WIB
Menakar Peluang Batutulis II, Jalan Prabowo-Puan Belum Tentu Mulus
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan politisi utama PDI Perjuangan Puan Maharani/Net
rmol news logo Poros Batutulis dispekulasikan akan mengusung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan politisi utama PDI Perjuangan Puan Maharani pada Pilpres 2024.

Poros Batutulis jilid II ini diinisiasi PDIP dan Gerindra. Dua partai ini, secara matematis mempunyai pendukung cukup signifikan. Hal itu terlihat dari hasil Pemilu 2019.

"Kalau mengacu hasil Pileg 2019, tentu pasangan Prabowo-Puan berpeluang besar menang pada Pilpres 2024," kata pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul Jakarta, M. Jamiluddin Ritonga, Sabtu (8/5).

PDIP dan Gerindra juga punya mesin politik hebat, yang setiap saat dapat digerakkan untuk memenangkan Prabowo-Puan pada Pilpres mendatang.

Namun demikian, jelas Jamiluddin, dukungan masyarakat pada pemilu lalu kepada PDIP dan Gerindra, tidak dapat sepenuhnya dijadikan acuan. Sebab, pendukung Gerindra tampaknya sudah banyak yang kecewa dengan bergabungnya Prabowo ke kabinet Jokowi.

Pendukung PDIP juga diperkirakan banyak yang kecewa dengan diterimanya Prabowo di kabinet. Menurut Jamiluddin, hal itu wajar saja mengingat saat Pilpres 2019 terjadi gesekan tajam antara pendukung Gerindra dan PDIP yang direpresentasikan dukungan kepada hitam putih kepada Prabowo dan Jokowi.

Tidak hanya pendukung Gerindra dan PDIP, pendukung Jokowi juga tidak serta merta mendukung Prabowo-Puan. Pasalnya, pendukung Jokowi tidak otomatis pendukung PDIP.

"Terbuka peluang besar sebagian pendukung Jokowi akan mendukung pasangan lain. Salah satunya, pendukung Jokowi di Klaten, sudah menyatakan akan mendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024," ujar Jamiluddin.

Karena itu, meskipun dua PDIP dan Gerindra sudah lebih dari cukup untuk mengusung Prabowo-Puan, namun peluang pasangan ini menang dalam pilpres mendatang masih diragukan.

Memang, peluang menang tidaknya pasangan ini baru dapat diprediksi bila sudah ada kandidat lain yang menjadi kompetitornya. Namun, seandainya pasangan ini dihadapkan dengan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono, tampaknya diperlukan kerja ekstra untuk memenangkan kompetisi.

"Karena itu, untuk memuluskan Prabowo-Puan, Poros Batutulis sebaiknya menambah dukungan dari partai lain baik yang nasionalis maupun yang Islam. Masalahnya, apakah ada parpol menengah lainnya yang mau ikut mengusung Prabowo-Puan?" ucap Jamiluddin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA