Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Materi TWK Sudah Objektif, Pegawai KPK Yang Tidak Lulus Harusnya Instrospeksi Diri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 10 Mei 2021, 07:47 WIB
Materi TWK Sudah Objektif, Pegawai KPK Yang Tidak Lulus Harusnya Instrospeksi Diri
Lambang KPK/Net
rmol news logo Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tidak lulus asesmen tes wawasan kebangsaan (TWK) dalam peralihan status menjadi aparatur sipil negara (ASN) seharusnya introspeksi diri, ketimbang memunculkan isu yang membuat gaduh di masyarakat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pakar komunikasi, Emrus Sihombing menilai bahwa materi TWK sudah objektif, valid, dan reliabel. Setidaknya pendapat itu didasarkan pada kenyataan bahwa sebanyak 1.274 pegawai KPK dinyatakan lulus dan hanya 75 orang yang tidak lolos.

"Jauh lebih banyak yang lulus daripada yang tidak lulus. Artinya, materi tes sudah objektif, valid dan reliabel," ujar Emrus kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (10/5).

Saat ini, kata pengajar dari Universitas Pelita Harapan (UPH) itu, sebanyak 1.274 pegawai KPK yang lulus terkesan hanya diam. Sementara 75 pegawai yang dinyatakan tidak memenuhi syarat seperti sedang mempermasalahkan materi tes ke publik.

Idealnya, menurut Emrus, mereka yang tidak lulus menginstropeksi diri dibanding menyalahkan orang lain.

"Karena itulah yang tidak lolos segera mengintrospeksi dirinya, mengapa dirinya tidak lulus, yang berada pada bagian sangat terkecil dari keseluruhan peserta,” ujar Emrus.

“Coba dilihat secara sungguh-sungguh keseluruhan semua paket pertanyaan (soal), bukankah di dalam ada paket kuesioner tentang integritas? Jika ada paket pertanyaan terkait dengan integritas, maka mereka yang tidak lulus, justru tingkat integritasnya masih perlu dipertanyakan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA