Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Khatib Masjid Al Azhar Ajak Umat Bantu Doa Dan Dana Untuk Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 13 Mei 2021, 10:13 WIB
Khatib Masjid Al Azhar Ajak Umat Bantu Doa Dan Dana Untuk Palestina
Shalat Idul Fitri di Masjid Al Azhar, Jakarta Selatan/RMOL
rmol news logo Tragedi yang tengah di Masjid Al Aqsa turut menjadi sorotan dalam khutbah Idul Fitri di Masjid Al Azhar yang dibawakan Mas’adi Sulthani, Kamis (13/5).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Mulanya, dia menjelaskan bahwa ciri-ciri orang yang bertaqwa adalah peduli terhadap saudara yang lain. Dalam hal ini, Mas’adi Sulthani mengajak umat untuk turut peduli pada bentrokan yang terjadi pada 7 Mei lalu di Masjidil Aqsa, Yerusalem.

Dalam tragedi itu, warga muslim Palestina yang sedang melaksanakan Shalat Tarawih mendapat gangguan aparat Israel.

Tragedi tersebut, sambung Mas’adi, sangat menusuk perasaan umat Islam yang tengah menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan.

“Kita mengutuk dengan keras peristiwa kejahatan kemanusiaan Zionis Israel terhadap rakyat Palestina,” tegasnya.

Terlepas dari itu, dia bersyukur dengan sikap pemerintah Indonesia yang tegas terhadap aksi keji Israel dan mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina terhadap agresi zionis Israel.

“Presiden pertama RI pada tahun 1962 mengatakan selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itu pula bangsa Indonesia berdiri menentang penjajahan Israel,” tegasnya.

Atas dasar itu, dia mengajak umat Islam di Indonesia untuk membantu perjuangan rakyat Palestina dengan berbagai dukungan baik berupa dana, politik dan juga doa.

“Tentu kita tidak boleh lupa bahwa dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, dukungan Mufti besar Palestina Muhammad Amin Al Husaini atas kemerdekaan Indonesia tahun 1945 sangatlah berarti sebelum negara-negara lain memberikan dukungan dan pengakuannya,” ujarnya.

Menurutnya, umat Islam di Indonesia harus dan wajib membela rakyat Palestina dan Masjidil Aqsa lantaran memiliki tiga alasan penting.

Pertama Masjidil Aqsa adalah kiblat pertama umat Islam dalam shalat sebelum pemindahan kiblat ke Masjidil Haram di kota suci Makkah berdasarkan wahyu Allah.

Kedua Masjidil Aqsa merupakan masjid yang kedua yang dibangun pertama-tama di muka bumi.

“Ketiga Masjidil Aqsha merupakan masjid suci ketiga umat Islam yang penting untuk diziarahi dan dikunjungi setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA