Farah.ID
Farah.ID

Menko Luhut Minta Masyarakat Menahan Diri Tidak Mudik Demi Menjaga Sanak Keluarga

LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 13 Mei 2021, 12:16 WIB
Menko Luhut Minta Masyarakat Menahan Diri Tidak Mudik Demi Menjaga Sanak Keluarga
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan/Net
Berkumpul dengan keluarga tercinta menjadi ritual yang ditunggu-tunggu di Hari Raya Idul Fitri. Namun demikian, kondisi pandemi yang belum usai seperti saat ini membuat semua orang harus kembali menahan diri.

Suasana pandemi Covid-19 mengharuskan seluruh masyarakat untuk menjaga ketat protokol kesehatan, salah satunya dengan tidak melakukan mudik lebaran.

Begitu kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan saat menyampaikan pesan Idul Fitri 1442 H lewat akun media sosialnya, Kamis (13/5)

"Tahun ini adalah tahun kedua kita merayakan Idul Fitri dalam kondisi pandemi Covid-19,” tuturnya.

Menko dua periode ini meminta masyarakat untuk menahan diri melakukan perjalanan keluar daerah lantaran pandemi Covid-19 dan varian baru masih menjadi ancaman yang mengkhawatirkan seluruh masyarakat.

“Sekali lagi, tidak mudik dan melakukan perjalanan demi menjaga kebersamaan kita dengan keluarga dan sanak saudara lebih lama lagi,” katanya.

Menurutnya, seluruh dunia merasakan hal yang sama dengan Indonesia dalam membatasi warganya untuk tidak berkumpul dikarenakan bahaya virus asal Wuhan tersebut. Dikhawatirkan jika masyarakat tetap nekat untuk melakukan mudik maka akan menimbulkan klaster baru penyebaran pandemi.

“Jika ada pergerakan yang banyak kumpul, yang banyak yang melanggar protokol kesehatan pasti dua minggu kemudian terjadi kenaikan secara eksponansial infeksi di dalam lingkungan atau klaster baru dalam bahasa moderennya,” katanya.

Terakhir, Menko Luhut meminta masyarakat Indonesia untuk bersabar dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 ini hingga betul-betul mereda agar dapat bersilaturahmi dengan keluarga dan sanak saudara lebih lama lagi.

"Puasa Ramadan sebulan penuh yang telah dijalankan pastinya mengajarkan kita untuk bersabar dan dapat mengendalikan diri. Dengan spirit hari kemenangan marilah kita tetap menjalankan silaturahmi satu sama lain melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat sesuai anjuran pemerintah,” ucapnya.

"Karenanya di momen yang penuh berkah kali ini saya Luhut Binsar Panjaitan Menko Marves RI mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H, minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin,” demikian Luhut.

ARTIKEL LAINNYA