Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Teroris MIT Di Poso Kembali Berulah, PP GMKI Minta TNI Polri Turunkan Pasukan Terbaik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 14 Mei 2021, 00:22 WIB
Teroris MIT Di Poso Kembali Berulah, PP GMKI Minta TNI Polri Turunkan Pasukan Terbaik
Ketua Umum PP GMKI, Jefri Gultom/Net
rmol news logo Aksi pembunuhan keji terhadap empat warga desa Kalimago, Kecamatan Lore Timur, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, pada Selasa lalu (11/5), dikutuk banyak pihak.

Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), Jefri Gultom, menduga kuat aksi pembunuhan keji itu dilakukan oleh kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Pimpinan Ali Kalora.

"Kami turut berduka atas peristiwa ini. Aksi pembunuhan ini merupakan tindakan tidak manusiawi dan segera harus ditumpas TNI Polri," ujar Jefri Gultom, dikutip Kantor Berita RMOLPapua, Kamis (13/5).

PP GMKI menilai, TNI-Polri belum maksimal dalam menumpas habis kelompok teroris MIT yang sudah meresahkan masyarakat sejak 2015 itu.

TNI Polri memang telah melakukan banyak operasi dalam menumpas kelompok MIT yakni Operasi Camar Maleo, Operasi Tinombala, hingga Operasi Madago Raya pada 2021. Namun korban warga sipil masih terus berjatuhan, keamanan warga terganggu, bahkan aktivitas warga sebagai petani ikut terganggu.

"Dampak yang ditimbulkan bukan hanya keamanan, melainkan perekonomian masyarakat," terang Jefri.

Menurut Jefri, kinerja satgas operasi tidak berbanding lurus dengan anggaran negara yang dikucurkan karena tidak mampu menghentikan eksistensi kelompok teroris MIT di Sulawesi Tengah.

Oleh karena itu, PP GMKI mempertanyakan ribuan personel TNI-Polri yang sudah diturunkan memburu kelompok MIT yang berjumlah tidak sampai 30 orang, namun tidak pernah berhasil menumpas kelompok MIT.

PP GMKI meminta Panglima TNI dan Kapolri mengevaluasi kinerja satgas operasi Madago Raya.

Selain itu, secara psikologis, masyarakat kini dalam keadaan takut serta telah terprovokasi oleh tindakan kelompok teroris MIT.

Oleh karena itu, PP GMKI meminta pemerintah segera bertindak cepat dalam menumpas kelompok teroris MIT.

"Panglima TNI dan Kapolri segera menurunkan pasukan terbaik TNI dan Polri dalam menumpas kelompok MIT," pinta Jefri Gultom. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA