Farah.ID
Farah.ID

Keraguan Terhadap Ganjar Sinyal Kuat PDIP Sudah Siapkan Duet Prabowo-Puan

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 14 Mei 2021, 15:13 WIB
Keraguan Terhadap Ganjar Sinyal Kuat PDIP Sudah Siapkan Duet Prabowo-Puan
Prabowo Subianto-Puan Maharani/Net
Sebuah hitung-hitungan logis, ada petinggi PDI Perjuangan yang menilai partainya belum tentu mengusung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024.

Pasalnya, elektabilitas Ganjar hanya bagian dari pencitraan, pencitraan udara.

"Keraguan Bambang Wuryanto ini sekaligus menjadi indikasi kuat bahwa DPP PDIP belum memplot Ganjar sebagai salah satu calon kandidat capres," kata pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul Jakarta, M. Jamiluddin Ritonga, Jumat (14/5).

Ketua DPP PDIP bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto sebelumnya menilai elektabilitas Ganjar hanya bagian dari pencitraan.

Dengan kata lain, ujar Bambang, apa yang tampak sebagai popularitas dan elektabilitas Ganjar Pranowo itu adalah bagian dari pencitraan di udara dan dipandang wajar dalam perang politik.

Menurut penilaiannya, boleh saja Ganjar memiliki popularitas dan elektabilitas yang tinggi. Namun untuk menjadi calon presiden dari partai banteng dibutuhkan satu hal yang mutlak, yakni rekomendasi Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri.

"Belum apa-apa, perang pun belum, ini baru "perang udara", lumrah wajar di politik. News nya juga bukan news substansi, hanya soal siapa dan peristiwa. Contoh, tidur di gerbong jadi berita, main barongsai jadi berita, datang ke suatu tempat marah-marah jadi berita," ujar Bambang, di kantor DPD PDIP Panti Marhaen, di Semarang, Rabu (12/5).

Jamiluddin Ritonga mengatakan, adalah hal yang logis ada petinggi PDIP yang mempertanyakan elektabilitas Ganjar.

Selain indikasi kuat bahwa PDIP belum memplot Ganjar, apa yang disampaikan Bambang juga bisa jadi sinyal sudah ada figur atau paslon yang sudah dijajaki.

Jamiluddin Ritonga langsung menyebut nama, yaitu politisi utama PDIP yang saat menjabat Ketua DPR RI Puan Maharani. Puan bisa jadi calon wakil presiden mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Hal itu menguatkan dugaan, PDIP sudah menyiapkan Puan Maharani bersama Prabowo Subianto untuk maju pada Pilpres 2024. Hal ini makin menguatkan adanya perjanjian Batutulis II antara PDIP dan Gerindra yang akan mengusung Prabowo dan Puan," ucapnya.

ARTIKEL LAINNYA