Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Momen Lebaran, Mantan Menperin Cerita Pengalaman Mendarat Darurat Saat Naik Heli

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 14 Mei 2021, 17:44 WIB
Momen Lebaran, Mantan Menperin Cerita Pengalaman Mendarat Darurat Saat Naik Heli
Mantan Menteri Perindustrian, Saleh Husin (kameja putih) saat duduk di emperan Kantor Bupati Parigi Moutong/Net
rmol news logo Mantan Menteri Perindustrian, Saleh Husin memiliki pengalaman tidak terlupakan pada peristiwa yang dialaminya 6 Desember 2014, ketika harus nongkrong di emperan Kantor Bupati Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Hal itu terjadi akibat helikopter yang ditumpanginya terpaksa harus melakukan pendaratan darurat.

"Ya waktu itu saya melakukan kunjungan kerja ke Morowali untuk meninjau pabrik pengolahan nikel. Nah, setelah itu saya bersama tiga orang sahabat menumpang heli yang akan kembali ke Balikpapan, jadi kami menumpang untuk diturunkan di Palu karena memang satu arah," katanya saat silaturahmi Idul Fitri 1442 H, di Jakarta, Jumat (14/5).

Lebih lanjut Saleh Husin mengisahkan, saat itu dalam perjalanan heli harus melewati bukit yang cukup terjal. Awan terlihat sangat tebal dan tiba-tiba hujan lebat sehingga pilot tidak berani meneruskan perjalanan.

Jadi pilot heli memutuskan harus mendarat darurat mencari lapangan kosong terdekat yang kebetulan ada di seberang Kantor Bupati Parigi Moutong.

"Setelah mendarat darurat akhirnya saya katakan ayo kita jalan kaki saja ke kantor bupati untuk meminta pertolongan. Namun pada saat itu hari Sabtu jadi kantor pada libur, suasananya sepi, tidak terlihat ada seorang pun sama sekali di kantor bupati tersebut," cerita Saleh Husin.

Saleh Husin dan rombongan istirahat sejenak di Kantor Bupati Parigi Moutong, sambil mencoba menghubungi aparat untuk mememinta pertolongan.

"Terus saya katakan ke dirjen yang ikut menemani ayo kita nongkrong saja di emperan kantor sambil kita telepon polres setempat untuk kordinasi agar dapat dipinjamkan kendaraan," ujar Saleh Husin.

Setelah berhasil menghubungi aparat setempat, Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia itu melanjutkan perjalanan darurat melalui darat.

"Syukur alhamdulillah akhirnya saya dan kawan-kawan dapat melanjutkan perjalanan darurat melalui darat dengan meminjam mobil aparat setempat menuju Palu. Dalam hati kecil saya mengatakan ini merupakan kenangan yang tak pernah bisa dilupakan karena harus mendarat darurat dalam cuaca yang tidak bersahabat waktu itu yang membuat hati gusar, tapi saya harus tetap terlihat tegar agar staf tidak panik," ucap Saleh Husin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA