Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Capres 2024 Akan Terjadi Pertarungan Elektabilitas Calon Dan Otoritas Kekuasaan Parpol

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 14 Mei 2021, 23:24 WIB
Capres 2024 Akan Terjadi Pertarungan Elektabilitas Calon Dan Otoritas Kekuasaan Parpol
Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno/Net
rmol news logo Nama Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo mendadak menjadi perbincangan, lantaran dia dinilai memiliki hak untuk maju sebagai calon presiden (capres) Pemilu 2024 yang diusung PDIP, karena tingkat elektabilitas dan popularitasnya tinggi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Fenomena politik ini mendapat tanggapan dari Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno.

Dia menilai, proses pra pertarungan panggung Pilpres di 2024 yang sudah mulai terjadi sejak sekarang ini sudah bisa mulai ditelisik dengan satu fenomena politik yang terjadi PDIP.

"Capres 2024 akan terjadi pertarungan antara elektabilitas calon dan otoritas kekuasaan ketum parpol," ujar Adi Prayitno saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (14/5).

Menurut Direktur Eksekutif Parameter Politik ini, elektabilitas dan popularitas Ganjar di dalam berbagai survei tidak bisa dipungkiri. Namun, peluangnya untuk bisa melenggang hingga ke pencapresan di 2024 nanti masih belum pasti.

"Ganjar boleh menudulang elektabilitas, tapi belum tentu pencapresan jatuh pada dirinya," imbuhnya.

Maka dari itu, Adi menyimpulkan bahwa sosok Ganjar masih masuk satu capres yang mungkin diusung oleh partai yang diketuai putri Proklamator sekaligus Presiden RI pertama Ir. Soekarno, Megawati Soekarnoputri.

"Karena pada saat bersamaan, banyak kader potensial lain PDIP yang dinilai mewakili trah ideologis dan bilologis Soekarno seperti Puan. Disitu akan terjadi tarikan kuat," demikian Adi Prayitno. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA