Farah.ID
Farah.ID

PKS Usul Pembentukan Panja TKA, PPP Serahkan Kepada Kesepakatan Komisi IX

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 15 Mei 2021, 12:29 WIB
PKS Usul Pembentukan Panja TKA, PPP Serahkan Kepada Kesepakatan Komisi IX
Gedung DPR di kawasan Senayan, Jakarta/Net
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan mengusulkan dibentuk Panitia Kerja (Panja) terkait warga negara asing (WNA) asal China yang menjadi tenaga kerja asing (TKA) untuk mengerjakan sejumlah proyek strategis nasional di Indonesia.

Usulan itu disampaikan anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PKS, Netty Prasetiyani Aher saat menjadi narasumber dalam diskusi daring Obrolan Bareng Bang Ruslan bertajuk "Pemerintah Harusnya Jaga Perasaan Rakyat", Selasa (11/5).

"Kita undang dalam rapat gabungan. Bukan tidak mungkin, kita juga akan membentuk Panja untuk membongkar, menelusuri, dan investigasi," kata Netty.

Soal wacana pembentukan Panja TKA tersebut, Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengaku tidak ada masalah.

Arsul yang juga Wakil Ketua MPR ini mengaku menyerahkan dan akan mengikuti apa yang akan disepakati di Komisi IX soal wacana tersebut.

"Itu biar diputuskan di Komisi IX saja, PPP tidak masalah jika Komisi IX sepakat bentuk panja," kata Arsul kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (15/5).

Netty Prasetiyani Aher sebelumnya menuturkan, usulan pembentukan panja karena banyak hal yang harus dijawab oleh pemerintah baik dari aspek ketenagakerjaan sendiri sebagaimana PP 34/2021 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA).

Pasalnya, tingkat pengangguran di masa pandemi Covid-19 ini saja masih cukup tinggi dan cenderung bertambah. Tercatat sejak Februari bertambah sekitar 1,2 juta.

ARTIKEL LAINNYA