Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KAMI Desak Pemerintah Lakukan Tindakan Nyata Bantu Palestina

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 16 Mei 2021, 01:15 WIB
KAMI Desak Pemerintah Lakukan Tindakan Nyata Bantu Palestina
Ilustrasi serangan Israel terhadap Palestina/Net
rmol news logo Serangan membabi buta yang dilakukan militer Israel terhadap wilayah Palestina di Gaza memicu gelombang protes di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Apalagi serangan Israel dilakukan bertepatan dengan hari raya Idul Fitri yang sangat sakral bagi umat Muslim.

Jelas, itu merupakan tindakan yang sangat kejam, melanggar Hak Asasi Manusia (HAM), melanggar hukum dan keadilan, mencederai kehidupan tolerasi, serta melanggar ketertiban dan perdamaian dunia.

"Bagi bangsa Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim, tidak boleh tinggal diam. Karena diam berarti mendukung tindakan kejam Israel," tegas pernyataan Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI), Sabtu (15/5).

KAMI pun mengingatkan bahwa Palestina, negara pertama yang mengakui kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada 1945 di saat negara-negara lain termasuk negara Arab belum memutuskan sikap, sangatlah penting dan tak ternilai harganya.

Maka sangat wajar jika rakyat dan bangsa Indonesia sangat setia membela Palestina, untuk dapat segera lepas dari segala bentuk kekerasan dan penindasan.

Oleh sebab itu, sebagai bentuk solidaritas, sudah sepantasnya jika pemerintah atas nama Negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 mengambil inisiatif. Tidak hanya sebatas menyerukan gencatan senjata demi menghindari korban yang lebih banyak.

Tetapi juga melakukan tindakan nyata, turut serta aktif, dengan mengajak negara-negara di dunia, termasuk upaya-upaya yang lebih intensif dalam diplomasi internasional di PBB, untuk dapat bersama-sama menegakkan HAM, menjamin penegakan hukum dan keadilan, bersama-sama membangun kehidupan tolerasi, serta menjaga ketertiban dan perdamaian dunia di Palestina.

Dalam kaitan itu, Pemerintah perlu segera mengirimkan Tim Medis ke Palestina, dan segara mungkin menyiapkan pasukan perdamaian yang setiap saat siap untuk diberangkatkan di bawah bendera PBB.

KAMI pun mengajak segenap bangsa Indonesia untuk terus menyuarakan telah terjadinya pelanggaran HAM, pelanggaran hukum dan keadilan, pelanggaran tolerasi, serta hancurnya kondisi ketertiban dan perdamaian dunia di Palestina oleh ulah brutal Israel.

"Marilah bersama-sama mendoakan rakyat Palestina, agar mendapatkan keselamatan, kesehatan dan kemenangan ibadah Ramadhan, serta agar senantiasa Palestina segera menjadi bangsa dan negara yang terhindar dari segala bentuk kekerasan dan penindasan," tutup pernyataan Presidium KAMI. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA