Farah.ID
Farah.ID

Presiden Jokowi: Hasil TWK Hendaknya Untuk Perbaikan KPK

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 17 Mei 2021, 15:30 WIB
Presiden Jokowi: Hasil TWK Hendaknya Untuk Perbaikan KPK
Presiden RI Joko Widodo/Rep
Presiden Joko Widodo menegaskan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus memiliki SDM terbaik dan berkomitmen tinggi dalam upaya pemberantasan korupsi.

"Oleh karena itu, pengalihan status pegawai KPK menjadi ASN harus menjadi upaya untuk pemberantasan korupsi yang lebih sistematis," ujar Jokowi sapaan akrab Kepala Negara, Senin (17/5).

Pernyataan Jokowi disebarluaskan lewat akun YouTube Sekretaris Negara sesaat lalu.

Dia menanggapi polemik terkait pembebasan tugas 75 pegawai lembaga antirasuah yang disebut tidak lolos menjalani Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Menurut Jokowi, hasil TWK terhadap pegawai KPK hendaknya menjadi masukan untuk langkah-langkah perbaikan KPK. Baik terhadap individu-individu maupun institusi KPK.

Namun, dia menegaskan, TKW tersebut tidak serta merta dijadikan dasar untuk memberhentikan 75 pegawai KPK yang dinyatakan tidak lolos tes.

"Kalau dianggap ada kekurangan, saya berpendapat masih ada peluang untuk memperbaiki melalui pendidikan kedinasan tentang wawasan kebangsaan dan perlu dilakukan segera langkah-langkah perbaikan pada level individual maupun organisasi," ucap Jokowi.

ARTIKEL LAINNYA