Resmi Dilantik Ridwan Kamil, Bupati Dan Wakil Bupati Cianjur Dititipi Pesan Khusus

Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur/Ist

Bupati dan Wakil Bupati Cianjur terpilih dalam Pilkada 2020, Herman Suherman dan Tb Mulyana Syahrudin, resmi dilantik oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Selasa pagi (18/5).

Dalam sambutannya, Ridwan Kamil mengapresiasi warga Kabupaten Cianjur yang telah memberikan contoh teladan dalam pemilihan kepada daerah yang berlangsung secara aman dan damai.

"Mudah-mudahan dijadikan contoh bahwa pesta demokrasi harus seperti di Kabupaten Cianjur aman, damai, kondusif, dan memberikan hasil yang maksimal," ucap Emil, sapaan akrabnya, di Aula Barat, Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (18/5).

Kepada Bupati dan Wakil Bupati yang baru saja dilantik, Emil menitipkan pesan agar bisa langsung bekerja dan menjaga komunikasi antar-Bupati dan Wakil Bupati.

"Saya hanya mendoakan, satu harus harmonis, dua harus tahu posisi masing-masing sehingga bisa kompak bisa terus kondusif sampai akhir masa jabatan dengan akhir yang husnul khotimah," ujarnya, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Menurut Emil, Cianjur adalah kabupaten yang mempunyai potensi luar biasa. Karena itu, ia berpesan agar pasca-Covid-19 ini pertanian dan pangan terus dijaga karena terbukti tahan terhadap disrupsi.

"Maka maksimal kan itu di Kabupaten Cianjur. Jangan ada satu jengkal tanah di Cianjur yang menganggur tidak menjadi manfaat dalam ketahanan pangan," pinta Gubernur.

Tak hanya itu, Covid-19 juga mengajarkan bahwa daerah yang fokus pada pariwisata lokal ternyata tidak terganggu juga oleh disrupsi. Untuk itu, Emil meminta promosikan tempat-tempat wisata di Cianjur.

"Yang saya tahu wisata di Cianjur itu luar biasa, banyak air-air terjun yang belum tereksplorasi, banyak budaya lokal yang perlu dipromosikan, tentu dengan adaptasi baru yaitu protokol kesehatan," imbuhnya.

Emil pun meminta jangan menganaktirikan Cianjur Selatan. Ia berpesan agar mencari cara inovasi dalam upaya membangun Cianjur Selatan yang harus setara dengan Cianjur Tengah maupun Cianjur Utara.

Menurutnya, dalam membangun suatu daerah khususnya di Cianjur ada 8 pintu yang bisa digunakan. Yakni APBD daerah, APBD provinsi, APBN, dana KPBU, dana umat dana CSR, obligasi daerah, dan dana pinjaman bank khususnya Bank bjb.

"Jadi saya titip kalau Cianjur mau manjur, mau maju jangan selalu berpikir bahwa pembangun Cianjur hanya dengan dana APBD sendiri. Bangunlah Cianjur dengan konsep pentahelix di mana semua harus bersatu padu membangun Cianjur," tutur mantan Walikota Bandung ini.

"Jangan pernah menganggap Cianjur bisa dibangun oleh sendiri itu konsep yang keliru semua butuh semua orang, semua tidak akan bisa tanpa dukungan semua orang jadi konsep kolaborasi ini harus dimaksimalkan," tambahnya.

Emil juga mengingatkan agar kepala daerah terpilih memaksimalkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Layani rakyat dengan sepenuh hati. Kita ini melayani bukan dilayani, kita ini kelompok M bukan kelompok D. Dalam proses melayani rakyat saya titip jangan terlalu banyak ongkang-ongkang kaki di ruangan, banyak turun ke jalan maksimalkan blusukan," imbuhnya.

Terakhir, Emil menitipkan program pelayanan publik yang harus ditingkatkan dan sesuai dengan zaman. Yakni melek teknologi dan profesional saat melayani masyarakat.

"Kualitas kepemimpinan harus profesional. Dunia sudah berubah geopolitik sudah bergeser teknologi sudah memaksa. Jangan jadi pemimpin yang jadul pemimpin yang masih logika lama, kuasai digital kuasai apa itu 4.0 untuk Kabupaten Cianjur, kuasai itu bahwa sekarang sudah cashless tidak pakai uang tunai," tandasnya.
EDITOR: AGUS DWI

Kolom Komentar


Video

RMOL WORLD VIEW • Palestina Tidak Pernah Sendiri

Rabu, 02 Juni 2021
Video

Tanya Jawab Cak Ulung • Membaca Anggaran Alutsista Rp 1,7 Kuadriliun

Kamis, 03 Juni 2021
Video

Tak Berizin dan Undang Ratusan Orang, Hajatan Khitan di Semarang Dibubarkan

Senin, 07 Juni 2021

Artikel Lainnya

Kebakaran Lagi, Komisi VI Minta Manajemen Subholding Pertamina Dievaluasi
Politik

Kebakaran Lagi, Komisi VI Mi..

12 Juni 2021 23:16
Rizal Ramli Ungkap JK Dipecat Gus Dur Karena Main Impor Beras
Politik

Rizal Ramli Ungkap JK Dipeca..

12 Juni 2021 23:09
Tuntut Menkeu Soal Rencana Kenaikan Pajak Dan PPN Sembako, Misbakhun: Mencoreng Citra Jokowi!
Politik

Tuntut Menkeu Soal Rencana K..

12 Juni 2021 23:02
Jemaah Indonesia Sempat Diputus Menggantung, Arab Saudi Didorong Serahkan Pengelolaan Haji Ke OKI
Politik

Jemaah Indonesia Sempat Dipu..

12 Juni 2021 22:42
Di Musda XV KNPI Makassar, Aiman Adnan Terpilih Sebagai Ketua DPD II
Politik

Di Musda XV KNPI Makassar, A..

12 Juni 2021 22:02
Saudi Resmi Batasi Haji Indonesia, Menag: Kita Fokus Untuk Tahun Depan
Politik

Saudi Resmi Batasi Haji Indo..

12 Juni 2021 21:37
Ingat Pernyataan Mahfud Soal Korupsi Kebijakan, Netizen Beri Tagar Presiden Langgar Konstitusi
Politik

Ingat Pernyataan Mahfud Soal..

12 Juni 2021 21:05
Milih Sama Ganjar Ketimbang Hadiri Pengukuhan Mega Profesor, Jokowi Sudah Mainkan Peran Penentu Capres PDIP
Politik

Milih Sama Ganjar Ketimbang ..

12 Juni 2021 20:42