Farah.ID
Farah.ID

Bela Palestina, Serikat Buruh Jabar: Israel Penjahat Kemanusiaan

LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 18 Mei 2021, 15:51 WIB
Bela Palestina, Serikat Buruh Jabar: Israel Penjahat Kemanusiaan
Penanggung jawab aksi buruh bela Palestina, Adjat Sudrajat (kiri)/RMOLJabar
Dukungan kemanusiaan diberikan gabungan Serikat Buruh (SB) dari Jawa Barat atas konflik Palestina-Israel. Sebab, konflik tersebut telah merenggut nyawa ratusan warga sipil Palestina.

Dukungan tersebut dilakukan gabungan Serikat Buruh dengan turun ke jalan sebagai wujud kepedulian dan keprihatinan kepada rakyat Palestina. Puncaknya, mereka berkumpul dan berorasi di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (18/5).

"Kami mengutuk keras orang-orang Israel dan yang mendukung atas perilaku penyerangan terhadap rakyat Palestina," kata Penanggung jawab aksi, Adjat Sudrajat, Selasa (18/5), dikutip Kantor Berita RMOLJabar.
 
"Kami menganggap Israel bukan hanya sebagai 'the real terrorist' tetapi sudah menjadi penjahat kemanusian yang telah merampas hak suatu bangsa untuk hidup merdeka sehingga hal tersebut harus disikapi dan dilawan oleh seluruh dunia termasuk Indonesia," tegasnya.

Dalam aksinya, Serikat Buruh juga meminta Pemerintah Indonesia berperan aktif dengan cara apapun termasuk mengefektifkan peran di beberapa organisasi internasional, seperti Komite Pelaksana Hak-Hak yang Tidak Dapat Dicabut Dari Rakyat Palestina (CEIRPP), Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Gerakan Non Blok (GNB), maupun perkumpulan tingkat dunia lainnya.

"Melalui aksi unjuk rasa ini, kami serikat pekerja/serikat buruh yang ada di Jawa Barat ingin menunjukkan kepedulian dan keprihatinan kepada rakyat Palestina, kami sangat tidak rela saudara-saudara kami yang berada di Palestina dibantai dengan kejam dan kami menyerukan kepada semua," lanjut Ajat.

Pihaknya berharap pimpinan negara dapat membumihanguskan Israel. Pasalnya, Israel telah begitu sering mengkhianati perdamaian dan melakukan kekejaman-kekejaman yang sudah tidak dapat ditoleransi lagi.

Adapun gabungan Serikat Buruh ini terdiri dari KSPSI, FSP TSK SPSI, SBSI 92, FSPMI, FSP LEM SPSI, SPN, FSPPI, FSP KEP SPSI - GOBSI, KASBI GASPERMINDO, FSP RTMM SPSI, FSP KEP KSPI, FSP KAHUT SPSI, FSPM, PPMI, FSBMM, dan SARBUMUSI.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA