Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wacana Sri Mulyani Akan Berdampak Langsung Pada Kondisi Sosial Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 19 Mei 2021, 14:20 WIB
Wacana Sri Mulyani Akan Berdampak Langsung Pada Kondisi Sosial Masyarakat
Menteri Keuangan Sri Mulyani/Net
rmol news logo Menteri Keuangan Sri Mulyani didesak menjelaskan soal kemunculan wacana menaikkan pajak pertambahan nilai (PPN).

Desakan itu disampaikan Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani saat ditemui di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (19/5).

"Saya kira itu yang harus kita pertanyakan kepada Menteri Keuangan," tegas Arsul.

Arsul menyebutkan, wacana kenaikan PPN akan berdampak langsung pada kondisi sosial masyarakat. Pasalnya, PPN yang akan dinaikkan adalah barang konsumsi.

"PPN yang mau dinaikkan ini kan justru barang-barang yang dikonsumsi, dibeli oleh masyarakat banyak," kata Wakil Ketua Umum PPP ini.

Lanjutnya, di sisi lain pemerintah baru-baru ini malah menurunkan nilai pajak pada pembelian mobil. Hal ini, tentu hanya bisa dinikmati oleh kalangan tertentu atau berbeda dengan pajak barang konsumsi yang dirasakan seluruh masyarakat.

"Ada kelompok masyarakat tertentu yang justru mendapatkan pembebasan dari PPN, yakni pembeli mobil, yang itu adalah barang kalangan menengah ke atas," terangnya.

"Ini kan menjadi kebijakan perpajakan yang kontradiktif, yang justru berpihak kepada kelompok masyarakat yang mampu, tapi tidak berpihak pada kelompok masyarakat kebanyakan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Arsul tidak mau banyak berspekulasi pada wacana itu sampai Sri Mulyani memberikan penjelasan pada DPR RI khususnya di Komisi XI.

"Kita dengarkan dulu apa yang dinyatakan Bu Sri Mulyani di Komisi XI terkait dengan kebijakan ini," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA