Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sekjen PP Muhammadiyah: Pernyataan Hendropriyono Soal Palestina Tidak Cerminkan Sikap Negarawan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 19 Mei 2021, 15:42 WIB
Sekjen PP Muhammadiyah: Pernyataan Hendropriyono Soal Palestina Tidak Cerminkan Sikap Negarawan
Gurubesar Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) Jenderal (Purn) AM Hendropriyono/Net
rmol news logo Gurubesar Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) Jenderal (Purn) AM Hendropriyono menyatakan Palestina dan Israel bukan urusan Indonesia, melainkan urusan mereka, bangsa Arab dan Yahudi.

"Urusan Indonesia adalah nasib kita dan hari depan anak cucu kita," tegas AM Hendropriyono di Jakarta, Selasa (18/5).

Tidak ayal, pernyataan Hendropriyono itu pun berbuah kritik. Salah satunya disampaikan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Prof. Abdul Muti.

"Saya menyayangkan pernyataan Pak Hendropriyono. Pernyataan beliau tidak mencerminkan sikap seorang negarawan," ujar Abdul Muti di akun Twitter pribadinya, Rabu (19/5).

Dikatakan Abdul Muti, Hendropriyono seperti tidak paham amanat dalam pembukaan UUD 1945 yang mengamanatkan Indonesia harus melawan segala bentuk penjajahan.

"Pembukaan UUD 1945 jelas sekali menunjukkan komitmen Indonesia dalam menentang segala bentuk penjajahan dan agresi serta peran serta aktif dalam menciptakan perdamaian dunia," terangnya.

Bagi Abdul Muti, memberikan dukungan moril kepada Palestina dalam menghadapi serangan tentara Israel menjadi salah satu wujud mengamalkan amanat konstitusi Indonesia.

"Solidaritas bangsa Indonesia atas nasib bangsa Palestina merupakan bentuk pengamalan amanat konstitusi dan panggilan nurani berdasarkan Pancasila dan ajaran agama yang luhur," jelasnya.

"Selain itu, Presiden Jokowi juga menyatakan dalam berbagai kesempatan bagaimana komitmen Pemerintah Indonesia dalam mendukung perjuangan bangsa Palestina sebagai bangsa dan negara yang berdaulat," pungkas Abdul Muti menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA