Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Al Mentra Institute: Dinamika Israel-Palestina Jangan Sampai Ganggu Kedamaian Dalam Negeri

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 19 Mei 2021, 21:03 WIB
Al Mentra Institute: Dinamika Israel-Palestina Jangan Sampai Ganggu Kedamaian Dalam Negeri
Direktur Al Mentra Institute, Karman BM/Ist
Perbincangan mengenai konflik antara Israel dan Palestina belakangan kian ditanggapi beragam oleh publik Tanah Air.

Bahkan di lini media sosial, tak sedikit memiliki pandangan berbeda dengan pemerintah dan sejumlah tokoh yang lebih pro terhadap kemerdekaan Palestina.

Ragam pandangan publik ini pun diamini oleh Direktur Al Mentra Institute, Karman BM. Menurutnya, perbedaan pandangan terjadi lantaran adanya perbedaan latar belakang di masyarakat Indonesia.

"Dalam melihat dinamika Palestina-Israel, masyarakat Indonesia memiliki argumentasi teologi yang beragam. Kita memahami itu, perbedaan persepsi teologis tersebut disebabkan karena keragaman latar belakang," kata Karman BM kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (19/5).

Berkenaan dengan ragam persepsi terkait konflik di Palestina, Ketua Bidang Keorganisasian Dewan Pimpinan Pusat Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (DPP-PGK) ini mengingatkan agar publik Tanah Air tidak justru membuat dinamika dalam negeri menjadi gaduh.

"Namun satu hal harus kita pegang, bahwa apa pun itu realitasnya di antara Palestina-Israel dan juga persepsi yang terbangun, jangan sampai mengganggu ketertiban dan kedamaian dalam negeri kita," tekan Karman.

"Sesuai amanat konstitusi kita, bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa, dan penjajahan harus dihapus. Itu nilai dan pesan yang harus kita pegang. Dan kita berdiri di atas itu," demikian Karman BM.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA