Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puan Maharani: Penguatan TNI AL Komponen Utama Kekuatan Maritim Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 20 Mei 2021, 12:08 WIB
Puan Maharani: Penguatan TNI AL Komponen Utama Kekuatan Maritim Nasional
Ketua DPR RI Puan Maharani/Net
rmol news logo Indonesia harus membangun dan menghadirkan kekuatan maritim nasional yang kuat dan solid agar menjadi poros maritim dunia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, penguatan TNI AL sebagai komponen utama kekuatan maritim harus dilakukan.

"Pembangunan kekuatan TNI AL sebagai komponen utama pertahanan negara di laut sekaligus sebagai salah satu komponen kekuatan maritim bukan lagi sekadar keinginan namun sudah merupakan kebutuhan yang tidak dapat dihindari untuk diwujudkan," kata Puan Maharani, Kamis (19/5).

Mantan Menko PMK itu melanjutkan, perlu perencanaan strategis untuk membangun kekuatan maritim nasional.

"Di sinilah peran Seskoal menyiapkan sumber daya perwira TNI AL," kata Puan Maharani dalam keterangan tertulis.

Seskoal harus mampu membuat para perwira siswa mampu berpikir secara terpadu, sistematis, terstruktur dan menyeluruh dalam menyusun perencanaan strategis pembangunan kekuatan dan kemampuan TNI AL.

"Harus adaptif dan responsif karena ke depan kita menghadapi ancaman maupun perubahan lingkungan strategis global maupun regional yang bergerak sangat dinamis," ucap Puan Maharani.

Sementara itu, Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati menyambut baik masukan dan pemikiran Ketua DPR RI tentang pembangunan kekuatan maritim.

"Karena itu kami mengundang Bu Puan agar memberikan kuliah umum di Seskoal, agar bisa menyampaikan secara langsung pemikiran beliau tentang pembangunan kekuatan maritim nasional kepada para perwira siswa Seskoal," ujar Tunggul Suropati.

Tunggul menjelaskan, Ketua DPR RI akan memberikan kuliah umum di Seskoal pada sesi Kuliah Kerja Perencanaan Strategis TNI-AL Perwira Siswa Pendidikan Regular Seskoal Angkatan ke-59 Tahun Ajaran 2021.

"Kami meminta pandangan DPR khususnya Ibu Ketua DPR, Ibu Puan, tentang pembangunan alutsista TNI, khususnya TNI AL," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA